PotretNews.com Sabtu 07 Desember 2019
Home >  Berita >  Kampar

Bawaslu Kampar: Surat Suara yang Tercecer di Bawah Jembatan Salo Kampar untuk Pemilihan DPD RI dan DPR Dapil Sumbar

Bawaslu Kampar: Surat Suara yang Tercecer di Bawah Jembatan Salo Kampar untuk Pemilihan DPD RI dan DPR Dapil Sumbar

Surat suara DPD Sumbar yang tercecer di Kampar, Riau.

Senin, 15 April 2019 18:30 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com -  Divisi Hukum Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kampar, Edward mengatakan, dalam surat suara pemilu yang ditemukan di bawah jembatan di jalan lintas nasional Riau-Sumatera Barat, tepatnya di Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau, bertuliskan surat suara untuk wilayah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). ”Pada karung itu tertera surat suara tambahan untuk pemilihan DPD RI dan DPR Dapil Sumatera Barat 1," sebut Edwar, di Kantor Bawaslu Kabupaten Kampar, Senin (15/4/2019).

Edwar mengatakan, diduga surat suara yang tercecer itu berjumlah ribuan. Namun, pihaknya masih harus memastikan lagi jumlahnya. Edwar mengatakan, satu karung berisi surat suara itu belum dibuka dan saat ini masih menunggu tindak lanjut dari KPU Riau.

Saat ditanya apakah ada surat suara untuk pemilihan presiden, dia mengaku belum mengetahuinya. Edwar mengatakan, ada sebagian surat suara yang sudah rusak saat dikumpulkan warga. Saat ini surat suara telah berada di Kantor Bawaslu Kampar. Bawaslu Kampar juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian Polres Kampar.  

”Tadi pagi kami sudah menghubungi Ketua KPU Sumbar (Amnasmen). Informasi dari beliau sedang menunggu perintah dan arahan dari KPU RI di Jakarta, apa yang harus dilakukan terhadap temuan surat suara ini," ungkap Edwar.

Diberitakan sebelumnya, satu karung surat suara ditemukan di bawah jembatan di Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau, Ahad (14/4/2019).  

Surat suara itu ditemukan oleh masyarakat, kemudian dilaporkan ke Bawaslu Kampar. Pada saat petugas tiba di lokasi, surat suara suara tersebut sudah dinaikkan ke atas jembatan oleh masyarakat.  

Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat (KPU Sumbar) Amnasmen saat dikonfirmasi mengatakan, surat suara yang tercecer di Salo, Kabupaten Kampar, Riau, bukan milik Sumbar.

"Dari informasi surat suara itu ditujukan untuk KPU Tanah Datar. Saya sudah cek ternyata untuk KPU Tanah Datar surat suaranya sudah lengkap. Tidak ada kekurangan," kata Amnasmen kepada Kompas.com, di Padang, Senin.

Amnasmen tidak mau berspekulasi soal surat suara itu milik siapa. Kendati ditujukan ke KPU Tanah Datar dan isinya surat suara DPD dan DPR RI untuk daerah pemilihan Sumbar, namun nyatanya KPU Tanah Datar tidak kekurangan surat suara. ***

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Bawaslu Kampar Sebut Satu Karung Surat Suara yang Tercecer di Bawah Jembatan untuk Pemilihan DPD RI dan DPR Dapil Sumbar"

Editor:
Akham Sophian
       
        Loading...    
           
Kategori : Kampar, Politik
Loading...
www www