Tersangkut Kasus Korupsi Pembangunan Gedung Fisipol Unri, Oknum Dosen dan Konsultan Perencana Proyek Ditahan Jaksa

Tersangkut Kasus Korupsi Pembangunan Gedung Fisipol Unri, Oknum Dosen dan Konsultan Perencana Proyek Ditahan Jaksa

Gambar hanya ilustrasi/INTERNET.

Jum'at, 29 Maret 2019 19:28 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru melakukan penahanan terhadap 2 orang tersangka dugaan korupsi pembangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Riau (Unri), Jumat (29/3/2019). Mereka adalah, oknum dosen bernama Zulfikar Djauhari dan seorang konsultan perencana proyek pembangunan tersebut Benny Johan.

Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Pekanbaru, Yuriza Antoni mengatakan, penahanan dilakukan setelah penyidik Polresta Pekanbaru melimpahkan keduanya ke JPU. Setelah diperiksa kesehatan dan administrasi, keduanya langsung ditahan di Rutan Sialangbungkuk.

”Berkas tersangka sudah lengkap (P21). Dilanjutkan penyerahan tahap II (tersangka dan barang bukti) ke jaksa penuntut,” kata Yuriza, Jumat (29/3/2019) sore.

Dalam proyek itu, Zulfikar yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) bergelar doktor bertindak selaku Ketua Tim Teknis pembangunan proyek yang dilakukan pada 2012. Sementara Benny adalah Direktur CV Reka Cipta Konsultan.

Yuriza menyebutkan, keduanya ditahan di Rutan Klas IIB Pekanbaru sebagai titipan jaksa. Penahanan akan dilakukan selama 20 hari ke depan. ”Ditahan dua puluh hari, terhitung hari ini,” sebutnya.

Dalam perkara ini, penyidik juga menetapkan seorang tersangka lain, yakni Ekki Ganafi yang merupakan seorang ASN. Dia adalah anggota kelompok kerja (pokja) dalam proyek pembangunan Gedung Fisipol Unri.

”Untuk berkas tersangka (Ekki Ganafi) belum lengkap. Berkasnya kami kembalikan ke penyidik karena ada petunjuk Jaksa yang belum dipenuhi,” tutur Yuriza.

Kedua tersangka, dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 30 tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tidak pidana korupsi, jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Sebelumnya, dalam perkara ini telah menjerat eks Pembantu Dekan II Fisipol Unri, Heri Suryadi dan rekanan proyek Siswandi. Heri dan Suwandi telah dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru dengan hukuman masing-masing 2 tahun dan 3 tahun penjara.

Selain penjara, kedua terdakwa juga dihukum membayar denda masing-masing Rp 50 juta atau subsider 3 bulan penjara. Hanya saja, Ruswandi yang merupakan PT Waskita Karya (WK) selaku Komisaris PT Usaha Kita Abadi yang mengerjakan proyek dihukum membayar kerugian negara Rp 940.245.271,82 atau penjara selama 6 bulan.

Penyimpangan pada proyek pembangunan gedung Fisipol UNRI, terjadi pada 2012 lalu dan gagal hingga dua kali. Akibatnya, panitia lelang melakukan penunjukkan langsung untuk menentukan pelaksana kegiatan.

Sesuai aturan, proyek hanya boleh dikerjakan oleh peserta lelang yang telah mendaftar karena dalam pendaftaran, peserta pastinya membuat surat keterangan penyanggupan. Namun, oleh panitia lelang dipilihlah rekanan yang tidak sama sekali mendaftar.

Bahkan, proses penunjukkan tersebut dilakukan oleh panitia lelang bersama ketua tim teknis kegiatan. Kontrak kerja ditandatangani oleh direktur rekanan yang diduga dipalsukan di depan panitia lelang.

Dalam pengerjaannya pada akhir Desember 2012, pekerjaan hanya selesai 60 persen. Tapi anggaran tetap dicairkan 100 persen. Jaksa menduga, ada kongkalikong antara tim teknis yang menyatakan kalau pengerjaan sudah 100 persen.

Meskipun bermasalah, perusahaan rekanan tidak diblacklist oleh panitia dan juga tidak dikenakan denda. Menurut aturan, besaran denda adalah 5 persen dari total anggaran yang diyakini sebesar Rp 9 miliar yang bersumber dari APBN Perubahan tahun 2012.

Hingga akhirnya, berdasarkan audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau, tindakan itu mengakibatkan kerugian negara Rp 940.245.271,82. Uang itu tidak bisa dipertanggungjawabkan terdakwa. ***

Artikel ini telah tayang di fajar.co.id dengan judul "Kejari Pekanbaru Tahan 2 Tersangka Dugaan Korupsi di UNRI"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Hukrim, Riau
wwwwww