PotretNews.com Rabu 21 Agustus 2019
Home > Berita > Dumai

Kabut Asap Selimuti Kota Dumai, Warga Khawatir Dampaknya

Kabut Asap Selimuti Kota Dumai, Warga Khawatir Dampaknya

Kabut asap tebal terlihat di pusat Kota Dumai, Riau, akibat kebakaran hutan dan lahan, Jumat (29/3/3019)/KOMPAS.

Jum'at, 29 Maret 2019 13:50 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Dumai, Riau, belum bisa diatasi. Akibatnya, kabut asap tebal menyelimuti kota minyak itu, Jumat (29/3/2019).Menurut pengakuan warga, kabut asap hari ini sangat parah jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. ”Pagi ini paling parah. Asapnya tebal sekali," kata Edi (50), salah satu warga Dumai, Jumat.

Dia mengatakan, kabut asap ini akibat kebakaran lahan gambut. "Ini asap kebakaran lahan. Kemarin tidak separah ini. Hari ini parah sekali," kata Edi.

Kabut asap itu pun sudah berdampak ke kesehatan dirinya. Edi mengaku sesak napas dan mata perih. "Ada sesak dan mata perih. Ya, wajarlah karena kabut asapnya separah ini," kata dia.

Andra (25), warga lainnya juga mengaku kabut asap saat ini mengkhawatirkan. Sebab, sangat berbahaya terhadap kesehatan. "Asap kebakaran lahan ini kan bahaya," ujar dia.

Dia juga menyebut, kondisi kabut asap sangat parah dibandingkan sebelumnya. Kini, di pusat kota sangat parah. "Kalau paling parah itu waktu pagi. Siangnya sedikit berkurang karena ditiup angin. Kan Dumai ini dekat dengan laut," kata Andra.

Berdasarkan pantauan, Jumat, kabut asap akibat karhutla di Kota Dumai cukup parah. Jarak pandang sekitar satu kilometer.

Sementara itu, kebakaran lahan gambut masih terus terjadi di beberapa titik. Seperti di Kelurahan Telukmakmur, Kecamatan Medang Kampai, dan Kelurahan Bukitdatuk, Kecamatan Dumai Selatan. Upaya pemadaman masih terus dilakukan tim gabungan dari Manggala Agni, kepolisian, TNI, BPBD, dan masyarakat.

Untuk diketahui, kebakaran lahan gambut paling parah terjadi di Jalan Dahlia, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai. Meski luas lahan yang terbakar ditaksir tiga hektar, namun mengeluarkan asap yang sangat parah. ***

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Warga Khawatir Kabut Asap Tebal Kebakaran Hutan Selimuti Kota Dumai "

Editor:
Akham Sophian

Ads
Kategori : Dumai, Lingkungan
wwwwww