KPU Riau Gelar Simulasi Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Tingkat Provinsi

KPU Riau Gelar Simulasi Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Tingkat Provinsi

Suasana simulasi rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi di areal Kantor KPU Riau, Ahad (24/3/2019), pagi.

Minggu, 24 Maret 2019 14:30 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menggelar simulasi rekapitulasi suara untuk Pemilu dan Pilpres 2019 di tingkat provinsi, Ahad (24/3/2019), pagi. Simulasi digelar di areal Kantor KPU Riau Jl Gajah Mada Pekanbaru.

Ketua KPU Riau Ilham M Yasir dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan simulasi ini dilakukan tidak lain sebagai gambaran sosisialisasi bagaimana pemungutan dan penghitungan suara berlangsung. ”Simulasi ini kita melibatkan 100 orang pemilih,” kata dia.

Menurut Ilham, simulasi sebagai bahan evaluasi bagi KPU,  Bawaslu,  kepolisian, serta pihak terkait untuk pemilu tanggal 17 April 2019.

Komisioner KPU Riau Divisi Teknis, Joni Suhaidi menjelaskan, simulasi ini langsung dihadiri PPK se-Kota Pekanbaru dan instansi terkait lainnya. Ini dilakukan sebagai upaya untuk pematangan petugas dalam melaksanakan rekapitulasi nantinya.

”Tujuannya memberikan pemahaman tata cara penghitungan hasil suara pemilu kepada masyarakat dan penyelenggara pemilu terutama di tingkat PPS dan PPK serta bagaimana agar pelaksanaannya nanti bisa maksimal dan bisa diantisipasi sejak awal jika ada kendala teknis,” sebutnya.

Menurut Joni Suhaidi, simulasi yang dilaksanakan KPU tidak hanya rekapitulasi suara di tingkat provinsi. Untuk beberapa hari ke depan juga akan digelar simulasi serupa di tingkat kabupaten/kota, agar penyelenggara pemilu memahami tata cara rekapitulasi di PPS dan PPK di lokasi yang terpelosok.

Terlihat hadir pada acara pembukaan antara lain;  Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, dan Bawaslu Riau. ***
Kategori : Politik, Riau
wwwwww