PotretNews.com Jum'at 24 Mei 2019

Terduga Teroris yang Diamankan di Rokan Hilir Sekelompok dengan Abu Hamzah

Terduga Teroris yang Diamankan di Rokan Hilir Sekelompok dengan Abu Hamzah

Warga menyaksikan lokasi terjadinya ledakan yang diduga bom saat penggerebekan terduga teroris di Sibolga, Selasa (12/3/2019).

Jum'at, 15 Maret 2019 14:29 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Penangkapan terduga teroris Abu Riky di Kelurahan Bagan, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir, Riau, disebut berkaitan dengan Abu Hamzah; terduga peledakan bom di Sibolga, Sumatera Utara. Keduanya berasal dari kelompok yang sama.”Dia juga (Abu Riky) sama akan melakukan amaliyah, perannya adalah menggugah beberapa video, foto, yang isinya propaganda," kata Karopenmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019.
 
Dedi mengatakan peran Abu Riky tidak seganas Abu Hamzah. Abu Riky, kata dia, hanya berperang melalui media sosial berupa pengunggahan konten-konten terorisme.

”Dia mengunggah kembali video ledakan pada saat debat capres kedua kemudian dia mengambil video kegiatan ISIS yang ada di Filipina dan kegiatan ISIS yang ada di beberapa wilayah di dunia," ujar Dedi.
 
Dedi menambahkan tujuan sementara dari pengunggahan itu hanya untuk menyemangati sesama anggota kelompok. Saat ini, kepolisian masih mendalami peran Abu Riky.
 
Penggunaan alat dari Abu Riky jiga tidak sebahaya Abu Hamzah. Pada saat penangkapan Abu Riky, lanjut dia, tidak ditemukan peledak.

”Kalau saudara R beberapa barang bukti yang ditemukan antara lain busur panah, kalau kelompoknya AH itu sudah menyiapkan bom. Kalau R amaliyah menggunakan panah, R ditangkap berdasarkan analisa jejak digital," tutur Dedi.
 
Berdasarkan pemantauan, polisi menyimpulkan Abu Riky sudah terpapar paham ISIS. Namun, kata Dedi, belum terlalu parah. "Telah dirasakan cukup maka berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018. Polri melaksanakan preventive strike atau pencegahan secara awal," demikian Dedi. ***

Artikel ini telah tayang di medcom.id dengan judul "Terduga Teroris di Riau Sekelompok dengan Abu Hamzah"

Editor:
Akham Sophian
Ads
Kategori : Hukrim, Rohil
wwwwww