PotretNews.com Kamis 12 Desember 2019
Home >  Berita >  Riau

potretnews.com Terverifikasi Faktual Dewan Pers

<i>potretnews.com</i> Terverifikasi Faktual Dewan Pers

Penanggung Jawab potretnews.com Mario Abdillah Khair (kiri) menyerahkan dokumen perusahaan pers kepada Anggota Dewan Pers Imam Wahyudi.

Rabu, 27 Februari 2019 15:38 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dewan Pers mengesahkan status Koran Online potretnews.com sebagai media yang terverifikasi faktual dan administrasi sejak 26 Februari 2019. Hal tersebut terlihat pada laman Dewan Pers https://dewanpers.or.id/perusahaan, direktori Data Perusahaan Pers.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pers Imam Wahyudi didampingi staf Sekretariat Dewan Pers, Irwan melakukan verifikasi faktual ke potretnews.com, Jumat (31/8/2018). Dalam kunjungannya itu, Imam Wahyudi mengecek secara langsung sejumlah dokumen yang harus dipenuhi untuk terdaftar sebagai perusahaan pers yang diakui Dewan Pers.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23082019/potretnewscom_dey3d_1650.jpg

Perusahaan pers yang telah terverifikasi faktual, kata Imam yang pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) itu, tidak bisa dikenakan pasal UU KUHP, atau UU ITE, ketika pemberitaannya dipersoalkan pihak tertentu. Penyelesaian sengketa pers, imbuh dia, dilakukan menggunakan UU Pers.

Karena itu, dia mengimbau kepada perusahaan pers yang belum terverifikasi untuk segera mengajukan proses verifikasi ke Dewan Pers.

Menurut Imam, melalui verifikasi ini, Dewan Pers juga memastikan komitmen pengelola media dalam menegakkan profesionalitas dan perlindungan terhadap wartawan. Selain itu, melalui pendataan atau verifikasi perusahaan pers, Dewan Pers ingin mendorong penguatan media pers dan positioning (tindakan perusahaan untuk merancang produk agar dapat tercipta kesan tertentu di ingatan konsumen, red).

”Media arus utama harus bisa mengembalikan kepercayaan publik dengan menjawab tantangan atas maraknya serbuan berita hoax atau informasi bohong yang dibuat seolah-olah sebagai karya jurnalistik,” pungkas Imam.

Sementara, Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab potretnews.com, Mario Abdillah Khair mengatakan, verifikasi faktual ini sangat penting untuk meneguhkan status potretnews.com sebagai media siber yang serius dan layak dipercaya oleh pembaca. ***

       
        Loading...    
           
Loading...
www www