Dikerjakan Hampir 10 Tahun karena Sempat Mangkrak, Akhirnya Jembatan Siak IV Pekanbaru Diresmikan

Dikerjakan Hampir 10 Tahun karena Sempat Mangkrak, Akhirnya Jembatan Siak IV Pekanbaru Diresmikan

Jembatan Siak IV di Kota Pekanbaru.

Kamis, 14 Februari 2019 15:18 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Setelah hampir 10 tahun pengerjaan, Jembatan Maftrum Bukit (Siak IV) akhirnya rampung. Menurut Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto, Jembatan Siak IV awalnya digarap dengan nilai kontrak Rp 9,4 milyar untuk tahun anggaran 2009. "Kemudian pada tahun 2010 pelaksanaan proyek fisik pun dilanjutkan dengan anggaran Rp16.938. 180. 631,30. Lalu kemudian dilanjutkan dengan kontrak multiyears (2010-2013) dengan nilai kontrak sebesar Rp348.138.463.522," ungkapnya, Kamis (14/2/2019).

Jembatan ini sempat mangkrak sekian tahun lamanya. Namun kembali digesah pada era Gubenur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Kata Dadang, tahun 2017 perhatian pemprov kembali tercurah untuk proyek tersebut.

”Kemudian kembali dilanjutkan dengan kontrak multiyears (2017 - 2018) dengan nilai sebesar Rp109 milyar. Itu setelah kita melakukan review terhadap kondisi aktual jembatan," jelasnya.

Kini, jembatan tersebut selesai dan diresmikan oleh Gubenur Riau Wan Thamrin Hasyim. Dalam peresmian tersebut turut hadir mantan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, dam Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

Ada pun jembatan ini rampung berkat karya BUMN Brantas Abipraya. Jembatan tersebut nantinya akan memberikan alternatif bagi warga Rumbai menuju Pekanbaru atau sebaliknya.

Dadang menambahkan, untuk sementara jembatan tersebut belum bisa digunakan lantaran masih mengikuti tahapan akhir penyelesaian proyek. "Saat ini tengah uji beban. Jadi untuk sementara waktu belum bisa dilewati," paparnya .

Sebagai informasi Jembatan Siak IV merupakan satu-satunya jembatan yang berada di ruas Jalan Sudirman Kota Pekanbaru. ***

Artikel ini telah tayang di gatra.com dengan judul "Temuan Jejak Kaki Satwa Liar Resahkan Warga Kulim Pekanbaru"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Pekanbaru
wwwwww