Home > Berita > Riau

Pemkab Siak Sudah Usulkan agar Jalan Lintas di Lubukdalam Dua Jalur

Pemkab Siak Sudah Usulkan agar Jalan Lintas di Lubukdalam Dua Jalur

Jalan nasional di Lubukdalam.

Rabu, 06 Februari 2019 21:04 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak sudah mengusulkan ke pemerintah pusat agar membangun jalan nasional di Kecamatan Lubukdalam menjadi dua jalur. Selain penduduknya padat, daerah itu rawan kecelakaan lalulintas. "Terutama di pasar daerah Kecamatan Lubukdalam, disitu ramai kali masyarakatnya. Dua jalur ini dibuat agar masyarakat aman berkendara. Apalagi, mobil yang sering melintas di sana besar-besar," kata Kadis PU Tarukim Siak, Irving Kahar kepada wartawan, Rabu (6/2/2019) di Kantor Bupati Siak.

Irving mengatakan, pihaknya sudah mengajukan proposal pembangunan jalur dua itu ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian PUPR.

"Anggarannya Rp130 miliar. Panjang yang akan dibangun, lupa saya. Tapi dengan anggaran segitu, mungkin sekitar 10-13 kilometer panjangnya," ujar Irving.

Irving juga memastikan, pembangunan jalur dua ini nantinya tidak akan menganggu pemukiman warga di daerah tersebut. Sebab, kata Irving, jalan itu hanya dilebarkan.

"Hanya pelebaran jalan saja. Pelebaran kan tidak mesti pakai median yang lebar. Contohnya seperti di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan," kata dia.

Irving juga mengaku, preservasi (pemeliharaan) jalan nasional di Siak setiap tahunnya memang ada, tapi tidak multiyears. Seperti kata Irving, pengerjaan jalan nasional tahun 2018 multiyears 2019 sebesar Rp148 miliar dari Simpang Pusako menuju Mengkapan.

"Sementara dari Simpang Lago sampai Simpang Pusako dilakukan pemeliharaan jalan seperti pecing. Biayanya juga dari Rp148 miliar tersebut. Artinya, tahun 2018 lalu pemerintah pusat sudah melakukan preservasi di daerah Siak," jelas Irving.

Untuk tahun 2019 ini, lanjut Irving, pemerintah pusat juga menambah anggaran seberat Rp40 miliar lebih untuk preservasi jalan di Siak. Namun, preservasi itu dilakukan dari simpang Mengkapan menuju KITB.

"Kalau ada jalan nasional di wilayah lain yang rusak, sejatinya memang harus di preservasi. Namun, untuk tahun ini fokus jalan nasional di Siak yang di preservasi jalan dari simpang Pusako menuju Mengkapan sepanjang 14 Km, dan  saat ini sedang proses lelang," kata Irving. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum
wwwwww