Home > Berita > Umum

DPRD Riau Minta Hasil Uji Beban Jembatan Siak IV Diumumkan ke Publik

DPRD Riau Minta Hasil Uji Beban Jembatan Siak IV Diumumkan ke Publik

Jembatan Siak IV Pekanbaru dengan panjang 800 meter yang menghubungkan Jalan Sudirman ujung dengan Rumbai terlihat megah, Selasa (29/1/2019).

Rabu, 06 Februari 2019 16:55 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jembatan Siak IV yang menghubungkan Jalan Sudirman dengan Rumbai akan dilakukan uji beban, Jumat (8/2/2019 besok. Kalangan legislatif di Riau meminta agar keselamatan pengendara yang nantinya melintas di jembatan Siak IV harud bisa dijamin keamananya.

"Uji beban ini harus betul-betul akurat dan perlu kehati-hatian dalam mengujinya. Karena ini kan menyangkut keselamatan banyak orang," kata Anggota Komisi IV DPRD Riau, Abdull Wahid, Rabu (6/2/2019).

Pihaknya meminta pihak kontraktor agar benar-benar memastikan jembatan tersebut aman untuk dilewati. Jika hasil uji beban menyatakan masih ada pembenahan yang dilakukan, maka harus ditindaklanjuti sebelum dibuka untuk umum.

"Tim ahli kan ikut dalam uji beban, karena ini kan untuk keselamatan. Karena hanya ahli jembatan yang bisa mengujinya. Harus ada standarnya. Kalau memang ada catatan, berarti belum layak dan itu harus ditindaklanjuti oleh dinas teknis," katanya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta kepada tim menguji agar bisa menyampaikan hasil uji beban kepada publik. Sehingga publik mendapatkan informasi yang jelas terkait hasil uji beban tersebut.

"Hasilnya harus diumumkan, itukan fasilitas umum, jadi harus dipublikasikan supaya orang tidak takut saat melewati jembatan itu," ujarnya.

Seperti diketahui, Uji jembatan Siak IV dijadwalkan akan dilaksanakan Jumat (8/2/2019) besok. Perwakilan dari Kementrian PU RI bersama tim dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) sudah tiba di Pekanbaru, Rabu (6/2/2019).

Pengendali Jembatan Siak IV Dinas PUPR Riau, Maisar Damri saat dikonfirmasi Tribun, Rabu (6/2/2019) mengatakan tim dari pusat akan mempersiapkan ujian beban, Kamis (7/2/2019) sore. Sedangkan uji bebannya akan dilakukan Jumat (8/2/2019). Mulai dari pagi hingga malam hari.

"Hari Kamis tanggal 7 sore itu nanti mereka akan menyiapkan segala sesuatunya, atau gladi bersih dulu, kemudian hari Jumat tanggal 8 baru mereka melakukan uji beban dari pagi sampai malam," katanya.

Maisar mengungangkapkan, sejumlah akademisi yang ahli dibidang jembatan dari universitas ternama di Indonesia juga dipastikan akan ikut bersama rombongan ke Riau untuk melakukan uji beban Jembatan Siak IV. Diantaranya Prof Iswandi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Bambang Suhendro dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan DR Heru dari Universitas Indonesia (UI). Seluruh akademini ahli jembatan ini masuk kedalam tim KKJTJ.

"Memang dari awal mereka yang memantau," ujarnya.

Sebanyak 25 unit truk dengan muatan seberat 34 ton disiapkan untuk melakukan load test atau uji beban Jembatan Siak IV, Jumat (8/2/2019) besok. Truk yang berisi muatan berat ini nantinya, akan disusun secara sejajar di sepanjang jembatan.

"Dari 25 unit mobil itu nanti ada atu mobil yang disiapkan untuk beban dinamis," kata Maisar.

Uji beban ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui ketahanan, kekuatan dan kualitas dari jembatan yang diuji. Dengan metode uji beban maka suatu jembatan bisa ditentukan apakah sudah layak beroperasi atau belum.

Pengujian ini dilakukan berulang-ulang sampai mendapatkan hasil yang sesuai dengan standart pengukuran yang telah ditetapkan. Fungsinya, agar jembatan dapat bertahan ketika banyak kendaraan berat yang lewat diatasnya.

"Tapi untuk teknis detailnya nanti tim yang akan menjelaskan," ujarnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat bersabar saat uji beban jembatan berlangsung. Sebab saat uji beban berlangsung, jembatan harus dalam kondisi steril dan tidak boleh ada warga atau kendaraan yang melintas. Kecuali kendaraan yang disiapkan untuk uji beban.

"Waktu pelaksanaan uji beban jembatan harus streril. Tidak boleh ada warga yang naik ke atas jembatan, memang itu sudah menjadi syarat, karena banyak kabel-kabel yang bisa menggangu pembacaan hasil uji beban," katanya. ***

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul "Uji Beban Jembatan Siak IV, DPRD Riau Minta Hasilnya Diumumkan ke Publik"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww