Home > Berita > Dumai

ASDP Buka Rute Penyeberangan dari Dumai ke Malaysia

ASDP Buka Rute Penyeberangan dari Dumai ke Malaysia

Gambar hanya ilustrasi, tidak terkait dengan berita. (sumber: internet)

Rabu, 16 Januari 2019 18:30 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana membuka rute penyeberangan internasional pada 2019 Rencana penyeberangan internasional ini nantinya akan disusun lewat rencana kerja selama 5 tahun ke depan. Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, untuk pembukaan rute internasional pihaknya akan menggandeng Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Tujuannya adalah agar semakin mempermudah proses perizinan karena melibatkan dua negara di dalamnya.

"Kita ada beberapa lokasi dekat pariwisata. Ini yang bakal dilakukan lima tahun ke depan. Kita kerja sama dengan Kemenpar," ujarnya dalam acara media gathering di Kantor Pusat ASDP, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dalam waktu dekat ada dua penyeberangan internasional yang akan diprioritaskan. Pertama adalah penyeberangan dari Maritaing di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan Dili, Timor Leste.

Wacana tersebut menyusul adanya permintaan dari Gubernur NTT Viktor B Laiskodat yang mengharapkan agar ASDP segera membuka rute NTT-Dili. Di mana tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian di kedua negara.

”Mudah-mudahan bangun kapal Internasioanl dari NTT ke Dili, hari ini kita urus,” ucapnya.

Selain rute tersebut lanjut Ira, pihaknya juga berencana untuk membuka rute penyeberangan dari Dumai, Riau menuju Melaka, Malaysia. Untuk membuka penyebrangan tersebut, pihaknya masih terus melakukan komunikasi dengan pihak pemerintah kedua negara.

”Lalu Dumai ke Melaka kita kerja sama erat dengan Kemenpar dengan Bea Cukai dan Imigrasi karena itu projects multisektoral," ucapnya.

Menurut Ira, dibuka dua rute penyeberangan tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang masuk ke dalam negeri, sehingga bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi secara nasional.

"Di dua daerah ini karena ada dua hubungan tradisional kuat dengan negara tetangga. Daerah perbatasan laut dan darat, itu menyumbang angka wisatawan cukup besar. Jadi kita ingin ambil peluang itu," katanya. ***

Artikel ini telah tayang di okezone.com dengan judul Nyebrang ke Malaysia dan Timor Leste Bisa Naik Kapal Ferry

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Dumai, Umum
wwwwww