Home > Berita > Riau

Tiga Tahun, Peringkat Indeks Pembangunan Manusia Riau Naik dan Kemiskinan Turun

Jum'at, 10 Agustus 2018 20:40 WIB
tiga-tahun-peringkat-indeks-pembangunan-manusia-riau-naik-dan-kemiskinan-turunGubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat beri sambutan pada acara Hari Kebangkitan Tekhnologi Nasional (Hakteknas).
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sampaikan sambutan pada acara Hari Kebangkitan Tekhnologi Nasional (Hakteknas) yang digelar di kawasan Gedung Daerah Jalan Diponegoro, Jumat (10/8/2018). Dalam sambutannya, gubernur mengatakan dampak dari penerapan inovasi, meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Selama tiga tahun terakhir, kesejahteraan masyarakat di Provinsi Riau menunjukkan peningkatan yang sangat berarti.

Hal ini dapat dilihat meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan menurunnya persentase penduduk miskin. IPM Riau tahun 2017 mencapai 71,79. IPM Riau lebih tinggi daripada IPM Nasional dan IPM tertinggi ke-6 di Indonesia.

Begitu juga dengan jumlah penduduk miskin, pada tahun 2015 jumlah penduduk miskin di Riau mencapai 8,82 persen, mengalami penurunan menjadi 7,41 persen pada tahun 2017.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03112018/potretnewscom_tb5n7_1403.jpg
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman foto bersama dengan para penerima penghargaan.

"Terkait dengan inovasi di bidang pangan dan energi. Pada bidang pangan, selain tetap meningkatkan produktivitas pangan strategi nasional, Provinsi Riau selama tiga tahun terakhir giat mengembangkan inovasi pada pangan lokal untuk mendukung sektor parawisata," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman ini.

Ada pun beberapa bentuk pengembangan inovasi tersebut seperti pengembangan industri hilir produk sagu.

”Kami telah mendeklarasikan Sagu Riau menyapa Dunia, Riau Provinsi Sagu. Saat ini produk berbasis sagu mulai berkembang dan mudah diperoleh, baik mie sagu, beras sagu," papar gubernur.

Pada bidang Energi, selain Riau terkenal dengan daerah penghasil energi fosil, Riau juga telah mulai mengembangkan dan menggunakan energi baru terbarukan, terutama bioetanol yang diolah dari limbah tanaman sawit.

Ke depan, diharapkan inovasi di bidang pangan dan energi akan berkembang pesat di Riau mengingat saat ini di Riau telah berdiri 3 Science Techno Park. Yakni, Riau Science Techno Park dengan bidang fokus pangan seperti sagu, kelapa, nenas dan ikan, yang terletak di Kabupaten Kampar.

Kemudian Teknopolitan Pelalawan dengan bidang fokus industri hilir kelapa sawit yang terletak di Kabupaten Pelalawan. Serta ketiga, Taman Teknologi Pertanian dengan bidang fokus penyediaan benih padi, hortikultura dan bibit ternak, yang terletak di Kabupaten Siak.

Melalui peringatan Hakteknas ke-23 Tahun 2018 ini, gubernur berharap dapat menjadi momentum bangkitnya ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pilar pembangunan bangsa, sehingga mampu sejajar dan bersaing dengan bangsa- bangsa lain di kancah persaingan global, terutama di bidang pangan dan energi.

Hadir pada kesempatan ini Presiden ke-3 RI Prof Dr Ing BJ Habibie, Menristek Dikti M Nasir, Gubernur Jambi, Gubernur Yogyakarta, para pejabat tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta berbagai undangan lainnya. (rls)

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww