Profesor dari IIUM Malaysia Gelar Kuliah Umum di Unilak, Bahas soal Arsitektur

Kamis, 03 Mei 2018 12:50 WIB
Muhamad Maulana
profesor-dari-iium-malaysia-gelar-kuliah-umum-di-unilak-bahas-soal-arsitekturRektor Unilak Dr Hj Hasnati (kanan) bertukar cendera mata dengan Prof Dato Sri Ar Dr Asiah Abdul Rahim.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dosen Internasional Islamic University Malaysia (IIUM) Prof Dato Sri Ar Dr Asiah Abdul Rahim memberikan kuliah umum kepada 200 mahasiswa Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Univeritas Lancang Kuning (Unilak) di aula gedung pustaka, Rumbai, Pekanbaru, Riau, Kamis (3/4/2018). Kuliah bertema; Malaysia architecture, yesterday, today and tomorrow ini dihadiri Rektor Unilak Dr Hasnati SH MH, Dekan fakultas Teknik Dr Hamzah ST MT, ketua program studi, dan jajaran dosen teknik dan perwakilan ikatan arsitektur Indonesia.

Rektor Unilak, Hasnati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerja sama tersebut.

"Indonesia dan Malaysia adalah negara serumpun. Mudah-mudahan dengan seminar ini dapat berbagi ilmu pengetahuan terutama di bidang arsitektur melayu dan ini bermanfaat bagi mahasiswa arsitektur dan juga tenaga pengajar. Mudah-mudahan kedepan dapat saling bekerjasama dibidang lainnya," kata rector perempuan pertama di Riau ini.

Sementara itu, pembicara kuliah umum, Prof Datok Asiah, dalam pemaparannya mengatakan bahwa kerajaan-kerajaan di Melaka dan Riau ini hebat. Telah ada sejak tahun 1500 begitu juga dengan Kesultan Melaka dan bangunan Melayu yang banyak tersebar di Nusantara.

"Saya telah datang ke Rokan, Pelalawan, dan Indragiri, ada banyak kesamaan dengan arsitektur dan bangunan bangunan tua di Malaysia.

Seperti di bangun di Indragiri ada ukiran tangga yang sama arsitekturnya dengan di Malaysia, dan saya pikir itu bukan arsitektur China tapi arsitektur Melayu. Nusantara ini kaya akan arsitektur,dan saya ke sini juga belajar," ujar Asiah.

Seminar digelar selama satu jam lebih dan mahasiswa tampak bersemangat memberi pertanyaan. Di sela sela acara kedua pihak kemudian saling bertukar cendera mata. ***

Kategori : Pemerintahan, Umum, Riau
wwwwww