Home > Berita > Riau

Prodi Teknik Industri FT Umri Studi Banding ke Universitas Ahmad Dahlan

Jum'at, 30 Maret 2018 06:17 WIB
Muhamad Maulana
prodi-teknik-industri-ft-umri-studi-banding-ke-universitas-ahmad-dahlanSuasana pertemuan rombongan Prodi TI FT Umri dengan Program Studi Teknik Industri FTI Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. (foto: istimewa)
YOGYAKARTA, POTRETNEWS.com – Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik (Prodi TI FT) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Kamis (29/3/2018) berkunjung ke Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) Yogyakarta. Kedatangan rombongaan Umri yang dipimpin Dekan FT Dedi Dermawan ST MT disambut Ketua Program Studi Teknik Industri FTI UAD Annie Purwani STP MT beserta jajarannya.

Pada kesempatan itu, Dedi menyampaikan maksud studi banding ke FT UAD yakni ingin melihat langsung sistem proses pembelajaran pada Program Studi Teknik Industri yang didukung dengan keberadaan laboratorium terintegrasi untuk digunakan dalam menunjang pelaksanaan praktikum mahasiswa serta kegiatan lain seperti pelatihan dan penelitian.

Dikemukakan, studi banding ini difokuskan melakukan saring proses kegiatan belajar mengajar, kurikulum, serta mempelajari proses belajar mengajar di laboratorium Teknik Industri seperti; workshop sistem produksi serta laboratorium APK & Ergonomi, laboratorium komputer, laboratorium optimasi, laboratorium statistik, laboratorium simulasi, dan laboratorium desain produk yang semuanya dipusatkan di gedung laboratorium terpadu.

Kepada rombongan Umri yang diterima di ruang Sidang Teknik Industri Kampus 3 UAD Jl Prof Dr Soepomo SH, Janturan Yogyakarta, itu, Kepala Laboratorium Teknik Industri UAD Reni Dwi Astuti STP MT menjelaskan, praktikum di laboratorium Teknik Industri UAD didukung sumber daya manusia, perangkat keras dan lunak yang memadai untuk menunjang proses kelancaran dalam melaksanakan praktikum.

Beberapa yang dicontohkan Reni Dwi Astuti yakni; praktikum menggambar teknik, analisis perancangan kerja dan ergonomi, optimasi, statistik, desain produk, proses produksi, sistem produksi, simulasi komputer, dan perancangan teknik industri.

Sementara fasilitas dan peralatan yang tersedia di laboratorium seperti diuraikan Reni Dwi Astuti yang dikutip dari laman fti.uad.ac.id  meliputi; ruang iklim, conveyor, treadmill, backstrength dinamometer, handgrip dynamometer, antropometri statis dan dinamis.

Ketua Program Studi Teknik Industri FTI UAD Annie Purwani berpendapat, kunjungan studi banding ini diharapkan bisa semakin mempererat hubungan yang saling menguntungkan di antara kedua lembaga pendidikan tinggi terutama sesama Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bidang pendidikan tinggi.

”Semoga studi banding ini bermanfaat khususnya dalam meningkatkan mutu pelayanan akademik melalui pemanfaatan hasil karya teknologi dan pengembangannya,” ujar dia. ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww