Polda Riau Selidiki Kebakaran Lahan Perusahaan PT Nasional Sagu Prima di Kepulauan Meranti

Polda Riau Selidiki Kebakaran Lahan Perusahaan PT Nasional Sagu Prima di Kepulauan Meranti

Ilustrasi.

Selasa, 20 Februari 2018 10:37 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Riau menyelidiki kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti, termasuk yang melanda lahan perusahaan PT Nasional Sagu Prima (NSP). "Sedang didalami oleh penyidik," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Senin (19/2/2018).

Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan wilayah yang mengalami kebakaran terparah di Provinsi Riau pada awal 2018 ini. Selain menghanguskan lahan milik masyarakat, kebakaran juga melanda lahan perusahaan PT Nasional Sagu Prima (NSP).

Dari 211 hektar lahan yang terbakar, Guntur mengatakan 50 hektar lainnya diduga berada di lahan perusahaan yang pernah divonis dalam kasus kebakaran lahan beberapa tahun lalu tersebut.

Dalam upaya penyelidikan, Guntur menjelaskan penyidik masih perlu mendalami dan mengukur ulang total luasan lahan terbakar, termasuk memintai keterangan ahli dan melakukan audit pada lahan yang terbakar. "Keterangan ahli, audit itu bagian dari proses penyelidikan," ujarnya, dilansir potretnews.com dari riauonline.co.id.

"Dugaan asal dari luar perusahaan. Humas perusahaan NSP sebelumnya juga telah melapor ke polisi saat lahan tersebut terbakar. Namun kita masih terus melakukan pendalaman," ujarnya.

Lebih jauh, terkait kebakaran di Meranti, Guntur mengatakan pada Senin ini seluruh titik-titik api telah berhasil diatasi. Keberhasilan itu tidak lepas dari hujan lebat yang mengguyur lokasi tersebut pada Minggu, 18 Februari 2018 dini hari kemarin.

"Alhamdulillah, api berhasil diatasi pasca-diguyur hujan lebat kemarin dinihari," demikian Guntur. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww