Home > Berita > Umum

Kabut Asap di Riau Dikhawatirkan Ancam Pelaksanaan Asian Games

Kabut Asap di Riau Dikhawatirkan Ancam Pelaksanaan Asian Games

Ilustrasi.

Rabu, 21 Februari 2018 10:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Ancaman kabut asap kembali menghadang wilayah Provinsi Riau menyusul maraknya kebakaran hutan dan lahan dengan peningkatan jumlah titik api. Pada Senin (19/2/2018), Pemerintah Provinsi Riau telah menetapkan status siaga terhadap kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah hingga tiga bulan ke depan untuk mengantisipasi ancaman meluasnya bencana kabut asap. Sebab, hingga memasuki minggu ketiga Februari, jumlah titik api terus meningkat secara signifikan.

Dilansir potretnews.com dari Fokus Pagi Indosiar, Rabu (21/2/2018), berdasarkan pantauan Satelit NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) tercatat ada 59 hot spot yang tersebar di Kabupaten Indragiri Hilir, Bengkalis, dan Pelalawan, dengan jumlah lahan yang terbakar mencapai lebih dari 500 hektar.

"Ini sifatnya fluktuatif, dengan adanya siaga ini kita akan koordinasi dengan BPBD dan TNI-Polri untuk segera meminta bantuan," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger.

Bila tidak segera dikendalikan, dikhawatirkan kebakaran hutan akan semakin meluas dan mengancam pelaksanaan pesta olahraga Asian Games di Sumatera Selatan, Agustus mendatang. Sejauh ini dampak utama kebakaran hutan dan lahan berupa bencana kabut asap sudah dirasakan sejumlah wilayah di Provinsi Riau. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww