Titik Panas Mulai Terpantau di Pelalawan, Tim Gabungan Siaga

Titik Panas Mulai Terpantau di Pelalawan, Tim Gabungan Siaga

Proses pemadaman Karlahut di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan. Api berhasil dipadamkan tim gabungan setelah satu pekan berjuang di lokasi.

Senin, 19 Februari 2018 11:49 WIB
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com - Satu titik panas atau hotspot terpantau di Kabupaten Pelalawan, Riau, pada hari ini, Senin (19/2/2018). Titik panas termonitor berada di Kecamatan Pelalawan. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, membenarkan keberadaan hotspot tersebut. Namun saat dilakukan pengecekan ke lapangan, belum ada titik api.

Pasalnya tingkat confidance titik panas tersebut di bawah 70 persen atau belum menjadi firespot.

"Titik api di wilayah kita hari ini nihil. Satu titik panas yang terpantau itu di bawah 70 persen," ungkap Hadi Penandio, Senin (19/2/2018), dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Hadi Penandio memastikan jika kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kecamatan Telukmeranti pada pekan lalu sudah padam.

Meski demikian, tim gabungan yang siaga di kecamatan tetap melakukan patroli di areal bekas terbakar untuk memantau jika sewaktu-waktu api muncul kembali.

Tim gabungan dari BPBD, Satpol PP dan Damkar, Polres, TNI, dan instansi lainnya akan mengintensifkan patroli dan pemantauan lapangan. Sejak ditetapkannya status Siaga Darurat Bencana Karhutla pekan lalu.

"Koordinasi dan komunikasi semakin ditingkatnya antarpersonel tim. Agar reaksi lebih cepat jika terjadi karhutla," imbuhnya. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww