Home > Berita > Umum

Awas Penipuan! Nama Ustaz Somad Dicatut untuk Galang Dana lewat Medsos

Awas Penipuan! Nama Ustaz Somad Dicatut untuk Galang Dana lewat Medsos

Akun abal-abal yang mencatut nama Ustaz Abdul Somad.

Minggu, 18 Februari 2018 16:43 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Ketenaran Ustaz Abdul Somad sebagai pendakwah ternyata dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan. Belakangan ada viral beberapa akun palsu di media sosial yang mengaku sebagai pendakwah asal Riau itu.

Akun-akun palsu ini sering mengunggah video ceramah Ustaz Somad dengan keterangan live atau siaran langsung. Padahal, tayangan tersebut hasil rekamanan dalam ceramah Ustaz Somad yang sudah berlalu.

Ada motif ekonomi di balik akun-akun palsu itu. Sebab, ada yang menggunakannya untuk menggalang dana dari pengikut Ustaz Somad.

Hal ini pun langsung mendapat respon dari tim admin media sosial Ustaz Somad di Facebook. Tim admin ulama ahli hadis lulusan Maroko itu dengan tegas membantah soal penggalangan dana.

"Tim admin tidak pernah meminta atau menggalang dana untuk operasional media. Hati-hati terhadap permintaan tertentu yang mengatasnamakan kami," tulis tim medsos di akun Facebook Ustad Abdul Somad, Sabtu (17/2/2018).

Tim Abdul Somad mengatakan bahwa akun resmi pendakwah asal Riau ini hanya satu. Maka, jika ada akun lain yang mengatasnamakan penceramah kelahiran 18 Mei 1977 itu berarti palsu.

Oleh sebab itu, tim admins Ustaz Somad mengimbau netizen afar lebih waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Fanpage ini ialah satu-satunya akun resmi Ustad Abdul Somad, Lc. MA di Facebook, tidak ada yang lain," imbuh tim medsos Ustaz Somad, dilansir potretnews.com dari jpnn.com.

Namun dalam klarifikasinya, tim medsos ustaz yang kondang dengan inisial UAS itu tidak melarang jika ada yang menyebarkan ulang video-video ceramahnya asalkan tidak memberikan judul-judul tendensius dan tak sesuai fakta.

Berikut kutipan klarifikasi tim medos Ustaz Abdul Somad:

1. Re-streaming: File rekaman video yang ada, di siarkan ulang melalui live Facebook. Seolah langsung, ternyata tidak.
2. Fanpage ini ialah satu-satunya akun resmi Ustad Abdul Somad, Lc. MA di Facebook, tidak ada yang lain.
3. Tim Admin tidak pernah meminta atau menggalang dana untuk operasional media, hati-hati terhadap permintaan tertentu yang mengatasnamakan kami.
4. Silakan share materi-materi Kajian dari akun-akun resmi dengan catatan:
a. Mencantumkan sumber?
b. Tidak memberi judul / caption / thumbnail yang provokatif, berlebihan, tidak sesuai dengan fakta?.
c. Tidak memotong yang bisa menimbulkan kesalahpahaman.
d. Tidak dijual, tidak dijadikan bahan untuk bisnis, komersialisasi, monetize di Youtube?.
e. Tidak mencatut nama Ustaz Abdul Somad. Silakan membuat akun atas nama sendiri. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww