Home > Berita > Inhil

Bupati HM Wardan Hadiri Pelantikan Edi Hajrah sebagai Ketua Kadin Indragiri Hilir

Senin, 29 Januari 2018 19:53 WIB
Advertorial
bupati-hm-wardan-hadiri-pelantikan-edi-hajrah-sebagai-ketua-kadin-indragiri-hilirGubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Inhil HM Wardan (pakai peci) menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indragiri Hilir (Inhil), Edi Indra Kusuma menyatakan komitmennya untuk memfasilitasi keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan lembaga pembiayaan. Pernyataan tersebut disampaikan pria berkumis yang akrab disapa Edi Hajrah ini dalam sambutannya usai dilantik bersama Dewan Pengurus Kadin Kabupaten Inhil periode 2017-2023 oleh Ketua Kadin Riau, Juni Adrianto Rachman di Gedung Serbaguna PSMTI Jalan Pekanarba Tembilahan, Senin (29/1/2018).

Dikatakan Edi Hajrah, sebagai wujud komitmennya tersebut, dalam waktu dekat ini pihaknya berencana menyalurkan bantuan pinjaman sebesar Rp1 juta bagi 708 UMKM di seluruh desa/kelurahan yang ada di Negeri Seribu Parit itu.

"Pengembaliannya dicicil tanpa bunga sepeser pun, sesuai dengan waktu yang disepakati, apakah itu dalam 1 bulan, 3 bulan atau maksimal 6 bulan," katanya saat diwawancarai awak media usai prosesi pelantikan.

Adapun syarat mengajukan pinjaman yang dananya berasal dari donatur ini, lanjut Edi Hajrah, adalah UMKM yang sudah terdaftar dan memiliki izin usaha di wilayah setempat.

"Kalau ini berhasil, peminjaman dana berikutnya bisa kita lipatgandakan, dengan harapan perekonomian masyarakat Inhil bisa lebih baik dan meningkat," tambahnya.

Senada dengan itu, Ketua Kadin Riau, Juni Adrianto Rachman berharap agar pengurus Kadin Kabupaten Inhil dapat meningkatkan jalinan kemitraan bersama Pemerintah Daerah (Pemda), khususnya dalam menciptakan lapangan usaha yang kondusif, dengan memberdayakan peran pengusaha lokal, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan ”Negeri Hamparan Kelapa Dunia” ini.

”Kadin diharapkan mampu merangkul pelaku usaha, untuk mengoptimalkan perannya dalam meningkatkan perekonomian dan mendukung pembangunan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Inhil, HM Wardan berpesan agar seluruh pengurus Kadin yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya, serta penuh tanggung jawab, sehingga mampu memajukan Kadin Kabupaten Inhil ke arah yang lebih baik lagi.

"Diharapkan bisa menjalin sinergi dan bekerjasama dengan Pemkab Inhil, serta berperan aktif dalam membangun Inhil, meningkatkan UMKM dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat," pesannya.

Terakhir, Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman mengingatkan agar selain membina UMKM, Kadin juga harus mampu menciptakan pengusaha baru di Kabupaten Inhil, sehingga keberadaan Kadin bisa tetap eksis di tengah-tengah masyarakat.

"Salah satu yang punya peran besar dalam membangun dan memajukan daerah adalah pelaku usaha," terangnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang mengusung tema "Strategi Pembinaan UMKM dalam Menghadapi Pasar Bebas" ini turut dihadiri unsur Forkopimda Inhil, pengurus Kadin Provinsi Riau, Ketua Kadin Kabupaten Rohul, Dumai dan Kuansing, serta sejumlah Pejabat Eselon di Lingkungan Pemprov Riau dan Pemkab Inhil, organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan, mahasiswa dan undangan lainnya.

Saat itu, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Kadin Inhil Edi Indra Kusuma bersama pengusaha. (adv/diskominfo/suf)

Kategori : Inhil, Umum, Pemerintahan
wwwwww