Lukman Edy: Media Massa Harus Ciptakan Pilkada Aman dan Damai

Lukman Edy: Media Massa Harus Ciptakan Pilkada Aman dan Damai

Suasana pertemuan antara LE dan rombongan dengan Pengurus PWI Pelalawan.

Minggu, 28 Januari 2018 10:51 WIB
Ishar D
PELALAWAN, POTRETNEWS.com – Bakal Calon Gubernur Riau Lukman Edy meminta media-media massa agar menciptakan pilkada (pemilihan kepala daerah) serentak yang aman dan damai melalui pemberitaannya. Hal ini dikatakan pria yang akrab disapa LE saat bersilaturahmi dengan Pengurus Persatuan Watawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pelalawan di Pangkalankerinci, Sabtu (27/7/2018).

”Peranan media sangat penting. Jadi, media adalah salah satu pilar demokrasi, berkepentingan untuk menciptakan pilkada yang aman dan damai, tapi juga menghasilkan pemimpin-pemimpin terbaik. Oleh karena itu, media harus mendorong pilkada berlangsung dengan lancar,” kata dia.

Menurut mantan Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa sekaligus menteri di era Presiden SBY ini, media memainkan perannya untuk mengedukasi masyarakat terkait pilkada tahun depan.

”Saya sangat berharap supaya media juga mendorong untuk pemilih berparsipasi semaksimal mungkin. Kita mengedukasi bahwa pemilu adalah satu-satunya cara untuk mengganti pemimpin. Gunakanlah hak memilih sebaik mungkin,” paparnya.

Menurut dia, media juga berperan penting untuk memberitakan rekam jejak calon pemimpin (bupati, gubernur dan presiden) dan anggota legislatif.

”Biarkan rakyat yang menilai. Dengan demikian, fungsi media itu akan maksimal,” katanya.

Ia mengatakan, media juga harus mematuhi kode etik, tidak menjelek-jelekkan calon lain lantaran dibayar calon lainnya. ”Media harus transparan, mengutamakan kepentingan rakyat,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Lukman Edy juga menjelaskan visi dan misinya, antara lain bagaimana untuk meningkatkan perkonomian masyarakat Riau ke depan terutama di bidang perindustrian.

Kemudian dia juga bertekad untuk menurunkan angka pengangguran sesuai dengan fakta di lapangan bukan yang di atas kertas. Selanjutnya LE juga berjanji akan mengubah pola kepemimpinan menjadi pemimpin yang apa adanya serta bertanggung jawab dan memberikan perlindungan terhadap bawahan saya.

Sementara Ketua PWI Pelalawan Asnol Mubarak dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bacagub LE beserta rombongan yang telah menyambangi Kantor PWI Pelalawan.

”Bang LE merupakan bacagub pertama menyambangi Kantor PWI Pelalawan. Tentu ini suatu anugerah bagi kami,” ujarnya. ***

Kategori : Politik, Umum, Pelalawan, Riau
wwwwww