Home > Berita > Riau

Luncurkan E-Katalog Daerah, Riau Terpilih sebagai Proyek Percontohan Tingkat Nasional

Jum'at, 19 Januari 2018 14:41 WIB
luncurkan-iekatalogi-daerah-riau-terpilih-sebagai-proyek-percontohan-tingkat-nasionalGubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyaksikan penandatanganan kontrak katalog daerah untuk pemeliharaan jalan (aspal) dan penyediaan instalasi listrik (tiang listrik).
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melaksanakan peluncuran e-Katalog Daerah, Jumat (19/1/2018) pagi. Riau terpilih sebagai salah satu daerah yang menjadi proyek percontohaan Katalog Daerah tingkat nasional kedua, setelah Provinsi DKI Jakarta.

Pada tahap awal ini juga dilaksanakan penandatanganan kontrak katalog daerah untuk pemeliharaan jalan (aspal) dan penyediaan instalasi listrik (tiang listrik) di Gedung Daerah Provinsi Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Pertemuan ini dihadiri oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman beserta wakilnya, Wan Thamrin Hasyi, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia Agus Prabowo, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi, Direktur Program Modernisasi Pengadaan Millennium Challenge Account-Indonesia (MCA-I) Arief Firdaus, serta Direktur PT Kunango Jantan sebagai Penyedia Katalog Daerah.

Dalam kesempatan ini, gubernur yang akrab disapa Andi Rachman menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia beserta Tim MCA-I e-katalog daerah yang telah menunjuk Provinsi Riau sebagai wilayah percontohan Katalog Daerah di tingkat nasional.

"Semoga ke depannya Provinsi Riau mendapat kepercayaan lagi untuk mengembangkan jenis katalog daerah lainnya. Kita saat ini juga melaksanakan penandatanganan kontrak e-Katalog Daerah Provinsi Riau, yang telah sampai pada tahap pemilihan penyedia dan penandatanganan kontrak katalog antara Pemerintah Provinsi Riau dengan penyedia instalasi listrik (tiang listrik), yaitu PT. Kunango Jantan, sedangkan untuk kategori pemeliharaan jalan (aspal), masih dalam tahap pemilihan penyedia," paparnya.

Gubernur menyebut, sejak diluncurkan, Produk Katalog Daerah (Tiang Listrik) bisa diakses di Portal e-Katalog LKPP. Hal ini merupakan langkah maju bagi Provinsi Riau.

”Ini sejalan khususnya untuk tiang listrik yang dalam rangka mewujudkan program Riau Terang 2019,” kata gubernur.

Lebih lanjut pria yang pernah menjadi Anggota DPRD Riau dan DPR RI itu mengemukakan, bahwa Pemprov Riau bekerja sama dengan pihak PLN dalam rangka mewujudkan program Riau Terang 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan elektrifikasi di Provinsi Riau semaksimal mungkin.

”Diharapkan semua desa di Riau pada tahun 2019 akan teraliri listrik,” ungkapnya.

Melalui e-katalog daerah ini, menurut gubernur, akan memberikan berbagai kemudahan bagi Pemprov Riau dalam proses pengadaan barang dan jasa dapat dilakukan tanpa tender atau proses lelang. E-katalog Daerah akan mewujudkan prinsip-prinsip pengadaan barang dan jasa yang bersih, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

”Oleh karena itu kita perlu berikan apresisasi kepada semua pihak terhadap terselenggaranya E-Katalog Daerah,” tutur gubernur.

Adapun penandatanganan ini dilakukan oleh Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi dengan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia Agus Prabowo, disaksikan gubernur dan wakil gubernur.

Lalu kemudian Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meresmikan Katalog Daerah Provinsi Riau pada Portal E-Katalog LKPP. (rls)

wwwwww