Home > Berita > Riau

Ikut Pilgub Riau 2018, Danrem Edy Nasution Perintahkan Seluruh Anak Buahnya Netral

Ikut Pilgub Riau 2018, Danrem Edy Nasution Perintahkan Seluruh Anak Buahnya Netral

Dewan Pembina Partai PAN Amien Rais saat menghadiri deklarasi Pasangan Calon Gubernur Riau Syamsuar-Edy Natar Nasution di Pekanbaru, Minggu (7/1/2018). (Foto: Tempo).

Senin, 08 Januari 2018 08:00 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Komandan Komando Resor Militer (Korem) 031 Wirabima Kota Pekanbaru Provinsi Riau Brigadir Jenderal Edy Natar Nasution, menjamin netralitas TNI dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Riau (Pilgub Riau) menyusul pencalonannya sebagai Wakil Gubernur Riau mendampingi Bupati Siak Syamsuar. "Saya yakin netral, itu harus kita tegakkan. Kalau kita ingin berdemokrasi secara baik itu tidak masalah," ujar Edy Nasution, seusai melakukan deklarasi di Lapangan Bukit Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru, Minggu (7/1/2018) sore.

Edy mengaku telah memerintahkan seluruh anggota jajaran TNI AD untuk menjaga netralitas di saat dia yang menjabat sebagai Komandan Korem mengikuti Pilgub Riau 2018. "Saya sudah instruksikan kepada komandan saya yang ada di bawah, meskipun saya maju di Pilkada Riau mereka harus ada pada posisi netral, karena itu merupakan instruksi dari panglima TNI," sebutnya.

Dikatakan Edy Nasution, ia telah mengajukan surat pengunduran diri dari kesatuannya TNI Angkatan Darat (AD), untuk menghindari polemik karena terjun ke dunia politik praktis. Surat pengunduran dirinya sudah ditandatangani dan telah berproses di kesatuannya TNI AD. Dia berharap surat pengunduran dirinya dapat diterima sebelum Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan calon peserta pemilihan kepala daerah pada 12 Februari 2018.

"Semua mekanisme kita bangun sebagaimana yang telah ditetapkan sesuai aturan. Jadi tidak ada masalah bagi saya," ujarnya.

Edy mengaku bersedia mengikuti Pilgub Riau 2018 karena besarnya dorongan dari masyarakat Riau. "Banyak permintaan dari masyarakat, teman maupun kerabat yang meminta saya mengabdikan diri di kampung halaman melalui jalur pemerintahan menjelang berakhirnya pengabdian di lingkungan TNI," ucap pria kelahiran Bengkalis ini.

Setelah melalui berbagai pertimbangan Edy akhirnya bersedia menerima pinangan Bupati Siak Syamsuar untuk menjadi Calon Wakil Gubernur Riau. "Pak Syamsuar adalah orang yang cocok bagi saya," sebutnya lagi, seperti dilansir potretnews.com dari TEMPO.CO.

Sejauh ini sudah ada 2 Paslon Gubernur Riau yang memenuhi syarat pendaftaran di KPU Riau yakni Pasangan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno yang diusung Koalisi Partai Golkar (14 kursi) dan PDI Perjuangan (9 kursi).

Kemudian Syamsuar-Edy Natar Nasution yang diusung Koalisi Partai PAN (7 kursi), Nasdem (3 kursi) dan PKS (3 kursi) . Syarat untuk maju dalam Pilgub Riau pasangan cagub harus memiliki 13 kursi atau 20 persen suara di legislatif. ***

Editor:
Sahril Ramadana

Kategori : Riau, Umum, Politik
wwwwww