PotretNews.com Sabtu 25 Mei 2019

Menjadi Satu-satunya Pelaku Usaha Jual Beli Manekin Bekas, Pria di Pekanbaru Ini Ngaku Beromzet Rp2 Juta Sehari

Menjadi Satu-satunya Pelaku Usaha Jual Beli Manekin Bekas, Pria di Pekanbaru Ini Ngaku Beromzet Rp2 Juta Sehari

Ilustrasi. (sumber: internet)

Sabtu, 23 Desember 2017 09:03 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Seiring perkembangan industri fesyen di Provinsi Riau. Potensi bisnis manekin bekas di Kota Pekanbaru sangat menjanjikan, dengan omzet rata-rata Rp2 juta per hari. Wow…"Omzet rata-rata sehari bisa mencapai Rp2 juta. Kalau ada yang belanja banyak untuk buka toko, bahkan bisa dapat Rp6 juta," kata pengusaha manekin bekas, Afnel.

Afnel merupakan satu-satunya pelaku usaha jual-beli manekin dan perlengkapan fesyen di Kota Pekanbaru. Dia merintis bisnis itu selama dua tahun terakhir di sebuah kedai sederhana di Jalan Teratai Kecamatan Sukajadi.

Bisnis busananya hancur akibat Plaza Sukaramai terbakar pada 2016 silam, yang menyebabkannya banyak pedagang gulung tikar dan menjual perlengkapan tokonya. "Awalnya saya lelang barang-barang saya. Ternyata laku, dan banyak yang kemudian menjual manekin-manekin ke saya," katanya.

Ads
Banyak pedagang-pedagang yang sebelumnya berjualan di Plaza Sukaramai kemudian menjual manekin-manekin ke Afnel. Dia kemudian mengumpulkannya untuk dijual kembali.

Bisnisnya lambat laun membuahkan hasil dan terus dilakoninya. Bahkan, pembelinya bukan hanya orang Pekanbaru, melainkan juga dari luar daerah seperti dari Bengkalis, Kampar dan Rokan Hulu (Rohul) bahkan Indragiri Hulu (Inhu).

"Kadang saya sampai kewalahan untuk penuhi permintaan, karena saya hanya sediakan manekin bekas yang terkadang persediaannya sudah didapat," ujarnya, dilansir potretnews.com dari antarariau.com.

Seiring reputasinya yang mulai terbangun, makin banyak pebisnis fesyen yang bangkrut menjual barang-barang mereka ke Afnel. Dia mengatakan produk termurah di tempatnya adalah gantungan baju yang dibanderol Rp5.000 per lusin. Untuk manekin ukuran anak-anak yang dalam kondisi baik harganya Rp250 ribu. Sedangkan, untuk manekin kaki untuk sepatu harganya Rp20 ribu sepasang dan manekin pria dewasa yang lengkap Rp550 ribu per unit.

Harga jual manekin bekas jauh lebih murah ketimbang yang baru. Misalkan untuk manekin pria dewasa yang lengkap dan baru, harganya bisa mencapai Rp1,2 juta.

"Sebenarnya, menggunakan manekin bekas untuk usaha tidak ada bedanya dengan yang baru karena fungsinya sama. Banyak memilih manekin bekas karena harganya minimal bisa 50 persen lebih murah daripada beli baru," ujarnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Interbis, Umum, Pekanbaru, Riau
wwwwww