Home > Berita > Riau

Riau Masih Bercokol di 5 Besar Provinsi dengan Kasus Korupsi Terbanyak

Riau Masih Bercokol di 5 Besar Provinsi dengan Kasus Korupsi Terbanyak

Ilustrasi.

Jum'at, 08 Desember 2017 16:21 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Berdasarkan data yang dirilis Indonesia Corruption Watch (ICW) semester I tahun 2017 dimana Riau masuk dalam lima besar dengan jumlah kasus korupsi terbesar. Kasus korupsi ini baik yang ditangani pihak KPK, kejaksaan dan kepolisian. Khusus Provinsi Riau, pada semester pertama tahun 2017 jumlah kasus korupsi ada 19 kasus dengan kerugian negara mencapai Rp211 miliar. Ini merupakan gabungan semua baik itu di KPK, kejaksaan dan kepolisian.

Kemudian selain Riau juga ada Jawa Timur ada sebanyak 23 kasus korupsi dan kerugian negara mencapai Rp14,5 miliar. Ada juga Jawa Barat dengan ”koleksi” 30 kasus dan kerugian negara mencapai Rp179 miliar.

Selanjutnya ada juga Sumut dengan 28 jumlah kasus korupsi dan Rp39 miliar kerugian negara dalam praktek korupsi tersebut.

BACA JUGA:

. Diskominfo Kota Pekanbaru Dinilai Gagal Paham soal UU Pers, UU Keuangan Negara, dan Peraturan Dewan Pers

Sedangkan bila dibandingkan dengan tahun 2016 silam pada periode yang sama satu semester, jumlah kasus korupsi mencapai 202 kasus dan tahun ini jumlah kasus secara keseluruhan di Indonesia mencapai 266 kasus.

"Untuk rata-rata jumlah kasus dari tahun 2013 lalu hingga sekarang ini pada periode satu semesternya mencapai 282 kasus," kata Koordinator Divisi Investigasi ICW, Febri Hendri, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Sedangkan kalangan paling banyak terjerat kasus korupsi adalah kalangan ASN/PNS kemudian swasta dan DPR. Ini juga sesuai dengan data yang diekspos pihak Kejaksaan Tinggi Riau. "Sedangkan kasus terbanyak ada dalam pengelolaan keuangan Dana Desa, Keuangan daerah dan Pendidikan," ujar Febri Hendri. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Umum, Hukrim
wwwwww