Home > Berita > Riau

Dibuka Gubernur Riau, Pekan Rantau Melayu Diminati Warga

Jum'at, 08 Desember 2017 23:12 WIB
dibuka-gubernur-riau-pekan-rantau-melayu-diminati-wargaGubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan sambutan sebelum membuka Pekan Rantau Melayu.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Perhelatan Pekan Rantau Melayu (PRM) yang berlangsung dari 8-10 Desember 2017 di halaman Hotel Sri Indrayani Pekanbaru menghadirkan 20 UMKM se-Provinsi Riau. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kembali berbagai seni budaya Riau dalam rangka mendukung program "Ayo ke Riau" dari Pemerintah Provinsi Riau.

Acara dibuka langsung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Jumat (8/12/2017). Kedatangan Gubernur Riau disambut oleh lantunan syair Selendang Delima, syair Ahai dan Burung Tiung. Syair ini merupakan syair jenis irama.

”Riau menyapa dunia dan kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan strategi kita agar orang-orang mengetahui Riau. Terhitung tahun 2015 kita sudah memperkenalkan potensi wisata berbasis budaya. Bukan meninggalkan migas dan perkebunan, tapi kita harus terus gali lagi potensi lain di Riau. Agar perekonomian itu bergerak terus," kata gubernur yang akrab disapa Andi Rachman ini.

Pria yang pernah menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) itu menggaransi Pekan Rantau Melayu sangat mengasyikkan karena penikmat kopi bisa kongkow-kongkow sambil menikmati kuliner dari berbagai wilayah di Riau.

Event dengan tagline ” Kampanyekan Minum Kopi Liberika Riau” ini didesain begitu sederhana namun tetap apik dan mempesona. Tidak heran kalau warga antusias datang dan mencoba berbagai jenis kuliner yang tersedia pada acara itu.

Aulia misalnya, warga Jalan M Yamin ini mengaku sangat senang bisa datang dalam acara ini. Pasalnya, banyak kuliner khas Melayu seperti Roti Jala, mie Keling, kerupuk khas Indragiri Hilir, Roti Canai, Nasi Lemak, Laksemana Mengamuk, Kopi Liberika Meranti dan masih banyak lagi. Semua makanan khas dari 12 kabupaten hadir di sini.

''Harganya murah dan enak. Kita menjadi tahu Melayu punya makanan yang enak-enak dan gampang dibuat. Ditambah ada peragaan busana dan merandai khas Telukkuantan. Saya harap acara ini selalu ada," ujarnya.

Selain itu, pada hari kedua juga terdapat berbagai kegiatan, di antaranya wokrshop membatik, Workshop sagu, Sarasehan Kopi, Lomba Meracik Kopi Riau, Demo Masak, Tari Rentak Bulian, Fashion Show by Saffro Three, Lomba Peragaan Busana Batik Riau, Fashion Show By Bumi, dan Randai. (rls)

wwwwww