Home > Berita > Riau

Siasat Licik Sindikat Narkoba Mengepung Indonesia; Dari Darat Keluar Ganja, dari Laut Masuk Sabu-sabu

Siasat Licik Sindikat Narkoba Mengepung Indonesia; Dari Darat Keluar Ganja, dari Laut Masuk Sabu-sabu

Empat tersangka dihadirkan pada konferensi pers pengungkapan kasus sabu-sabu 212 kg dan 18.500 butir pil ekstasi, serta pil happy five oleh BNN Pusat di Mapolres Langsa, Ahad (5/11/2017) sore.

Selasa, 07 November 2017 10:39 WIB
ACEH, POTRETNEWS.com - Badan Nasional Narkotika (BNN) bersama kepolisian menyita sabu-sabu dengan berat total 212,430 kg, 8.500 butir pil ekstasi, dan 10.000 pil happy five yang diselundupkan dari Malaysia. Bersama dengan barang bukti itu, juga ditangkap empat terduga anggota sindikat penyelundup dan pengedarnya di kawasan Aceh Timur dan Aceh Tamiang. Sabu-sabu tersebut dibawa dari Malaysia naik kapal nelayan melalui jalur laut. Ini jumlah terbesar dalam sejarah penangkapan sabu-sabu di Aceh.

Kepala Bidang Pemberantasan dan Penindakan BNN Pusat, Irjen Pol Arman Depari kepada pers mengatakan pihak BNN bersama kepolisian masih memburu sejumlah anggota sindikat lainnya. ”Sindikat narkoba yang kita tangkap ini adalah sindikat narkoba Malaysia-Aceh-Sumut,” kata perwira tinggi itu.

Ya, inilah persoalan berat Aceh dalam beberapa tahun terakhir. JIka dulu hanya berpikir bagaimana memberantas tanaman ganja dan mencegah peredarannya ke luar Aceh, tapi kini masalahnya tambah rumit. Yakni laut atau perairan kita masih sering ”bocor” sehingga kapal-kapal nelayan dijadikan pengangkut berbagai jenis narkoba dari Malaysia.

Demikian pula di darat, pengangkutan ganja ke luar Aceh sepertinya berlangsung hampir setiap hari. Ini terbukti dari begitu banyaknya penangkapan ganja dari truk dan bus asal Aceh. Yang paling sering ditangkap di kawasan Sumtera Utara, Riau, Sumsel, Lampung, Jakarta, dan kota-kota lainnya.

Artinya, di darat ganja Aceh masih terus diproduksi serta gencar pula diangkut ke luar Aceh dengan berbagai cara. Sedangkan dari laut, berbagai jenis narkoba seperti sabu-sabu, pil happy five, dan ekstasi juga bagai tak terbendung. Dilansir potretnews.com dari tribunnews.com. Judul aslinya adalah Dari Darat Keluar Ganja, dari Laut Masuk Sabu-sabu. ***

Editor:
Jaka Abdillah

Kategori : Riau, Hukrim, Umum
wwwwww