Home > Berita > Riau

Perairan Dumai Berpotensi Jadi Jalur Pengungsi Rohingya

Perairan Dumai Berpotensi Jadi Jalur Pengungsi Rohingya

Ilustrasi/Pengungsi Rohingya.

Minggu, 03 September 2017 14:43 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Secara geografis wilayah, Kota Dumai Provinsi Riau berpotensi menjadi satu perlintasan arus pengungsi Rohingya. Apalagi selama dua tahun ini Dumai menjadi jalur favorit bagi para imigran gelap. Terbukti hingga Juli 2017 lalu masih ada puluhan imigran gelap masuk ke Kota Dumai. Mayoritas mereka hendak masuk ke wilayah perairan Malaysia secara ilegal, paling banyak berasal dari Bangladesh.

Catatan dari Pihak Imigrasi Dumai, seperti dilansir potretnews.com dari tribunnews.com, belum genap dua tahun tercatat 251 imigan gelap kedapatan mencoba masuk ke Malaysia secara ilegal dari Perairan Dumai.

Pada tahun ini total ada 66 imigran gelap yang diamankan di Kota Dumai. Awalnya pada Maret 2017, terdapat tiga kali pengungkapan. Sebanyak sembilan WN Bangladesh yang diamankan Tim Patroli TNI AL di Perairan Dumai.

Lalu dua WN Bangladesh diamankan saat kebingungan di Jalan Tanjung Jati, dekat RSUD Dumai. Serta sembilan WN Somalia diamankan di Terminal Penumpang Pelindo Dumai.

Terakhir ada 47 WN Bangladesh yang diamankan pada 25 Juli 2017 silam. Saat dalam perjalanan dari Rantauprapat, Provinsi Sumatera Utara menuju Kota Dumai.

Puluhan WN Bangladesh diamankan di Jalan Raya Bukit Timah oleh pihak Kepolisian Dumai. Sebelumnya, pada tahun 2016, total ada 185 imigran gelap sudah dipulangkan oleh pihak Imigrasi Dumai. Di antaranya sudah diungkap pihak yang terlibat dalam dugaan penyelundupan manusia. ***

Editor:
Muh Amin

Kategori : Riau, Dumai, Umum
wwwwww