Home > Berita > Riau

DPRD Inhil Minta Kepala OPD yang Gagal agar Legowo Mundur

Jum'at, 01 September 2017 19:17 WIB
Advertorial
dprd-inhil-minta-kepala-opd-yang-gagal-agar-legowo-mundurIlustrasi/Suasana Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Indragiri Hilir.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Inhil dinilai menunjukkan kinerja rendah. Dewan meminta mereka yang tidak mampu ini agar mengundurkan diri. Pasalnya, akibat lemahnya kinerja dan progres kegiatan di instansi tersebut mengakibatkan rendahnya serapan APBD. Untuk itu, DPRD Inhil satu kata menyampaikan agar Kepala OPD Pemkab Inhil yang tidak mampu mengundurkan diri.

Pernyataan ini disampaikan Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Inhil, Edi Haryanto Sindrang, yang juga menjadi keputusan DPRD dalam rapat paripurna penyampaian hasil pembahasan banggar terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Inhil tentang APBD Tahun 2014.

”Jika memang Kepala OPD tidak mampu melakukan pekerjaannya lebih baik mengundurkan diri untuk diganti dengan yang lebih baik demi percepatan pembangunan Inhil,” tegasnya dalam rapat yang dihadiri langsung Bupati Inhil HM Wardan dan unsur Forkopimda Inhil, Senin malam (31/8/2015).

Realisasi APBD Inhil tahun 2014 yang hanya 79 persen dengan sisa anggaran mencapai Rp 529 miliar lebih, serta adanya potensi besar kejadian tahun 2014 tersebut bakal terulang pada tahun 2015 adalah dasar utama kejengkelan DPRD Inhil terhadap kinerja para aparat Pemerintah Kabupaten Inhil.

Dalam penyampaian hasil pembahasan banggar tersebut, Edi, yang juga merupakan politisi Partai Golkar ini juga menyinggung tentang sangat lemahnya pengelolaan aset daerah yang dilakukan para pimpinan satuan kerja di lingkungan Pemkab Inhil.

”Pengelolaan aset merupakan poin penting yang perlu menjadi perhatian, apalagi hal ini juga menjadi titik lemah Inhil dalam kaca mata Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama ini, namun aneh kondisi itu tidak pernah dirubah,” ujarnya.

Mendapat kritikan keras DPRD Inhil tersebut, Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya hanya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf atas semua kekhilafan. Tentunya juga akan dilakukan perubahan ke depannya.

”Apa yang disampaikan semua Fraksi DPRD Inhil terhadap kinerja kita akan dijadikan dorongan dan motivasi dalam proses perbaikan ke depan dan terima kasih atas semua kerjasamanya, ”tutup Wardan. (adv/dewan/suf)

wwwwww