Home > Berita > Riau

Presiden Jokowi Minta 11 Proyek Strategis Nasional di Riau Tuntas Tahun 2019

Presiden Jokowi Minta 11 Proyek Strategis Nasional di Riau Tuntas Tahun 2019

Jokowi meninjau perkembangan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai, belum lama ini. (foto: internet)

Jum'at, 25 Agustus 2017 18:31 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo sudah menetapkan 11 Proyek Strategis Nasional (PSN) di Riau melalui Perpres nomor 58 tahun 2017. Proyek ini diminta Presiden tuntas tahun 2019. Dalam Perpres itu yang akan dibangun di Riau ada 11 PSN dari total keseluruhan di Indonesia sebanyak 248 proyek nasional. Jika dilihat pada tahun 2016 silam jumlah PSN yang ditetapkan di Riau melalui Perpres nomor 3 tahun 2016 hanya ada tiga PSN. Meningkat jauh jika dibandingkan tahun 2016 silam, karena tahun ini Riau mendapatkan 11 proyek

Kepala Badan Perencanaan dan pembangunan Daerah Provinsi Riau Rahmat Rahim menjelaskan dengan sudah ditetapkannya sebagai Perpres maka Kementerian Lembaga bertanggung jawab dalam Percepatan pembangunan tersebut.

"Apalagi pak Presiden menargetkan semuanya tuntas tahun 2019, kami di daerah hanya sifatnya melakukan support saja, "ujar Rahmat Rahim, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Karena begitu ditetapkan Perpres tersebut lanjut Rahmat maka sudah menjadi Tanggung Jawab penuh pusat dalam hal ini kementerian.

Kemudian Rahmat juga bercerita dampak dari proses pengerjaan PSN tersebut sudah mulai terasa sejak dimulai pembangunan hingga bangunan fisik selesai.

"Dari awal pembangunan saja sudah mulai terlihat efeknya kepada masyarakat. Kita di daerah tentu bersyukur. Kalau infrastruktur dibangun banyak pekerja terserap mengurangi angka kemiskinan dan tentunya UKM juga akan bergerak, "jelas Rahmat.

Sebagaimana prediksi dari Pemprov Riau pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Riau bisa ditaksir meningkat 6 Persen dan ekonomi masyarakat jauh lebih baik.

"Ke depan fokusnya untuk pembangunan Rupat dan Bogor sebagai PSN, kemudian pengembangan Bandara jadi PSN, karena Riau nantinya akan menjadi pusat Sumatra, " jelas Rahmat. ***

Editor:
Muh Amin

Kategori : Riau, Dumai, Umum
wwwwww