PotretNews.com Rabu 21 November 2018

Pastikan Penumpang Aman Saat Mudik, DPRD Pekanbaru Sarankan Mulai Pekan Ini Tes Urine Sopir Angkutan Lebaran

Pastikan Penumpang Aman Saat Mudik, DPRD Pekanbaru Sarankan Mulai Pekan Ini Tes Urine Sopir Angkutan Lebaran

Ilustrasi.

Rabu, 14 Juni 2017 10:16 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Untuk menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini, kalangan DPRD Pekanbaru Provinsi Riau meminta, agar Dishub dan BNN menggelar tes urine kepada seluruh sopir mudik angkutan umum, seperti bus antarkota dan travel."Kita yakin setiap tahun dilakukan tes urine bagi sopir. Namun kita mengingatkan lagi, agar tahun ini tidak satu pun sopir yang luput dari tes. Ini harus dilakukan tanpa pandang bulu. Mulai pekan ini kita sarankan sudah bisa dilaksanakan," kata Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ir Puji Daryanto, Selasa (13/6/2017).

Dijelaskannya, tes urine ini merupakan sebuah kewajiban, yang bertujuan untuk memastikan, apakah para sopir di bawah pengaruh narkoba atau tidak. Dengan demikian, bisa diambil tindakan secepatnya, untuk keamanan penumpang.

Jika ditemukan para sopir tersebut positif menggunakan obat terlarang atau pecandu alkohol, maka harus diambil langkah tegas. Tentunya mereka tidak boleh membawa mobil.

Ads
"Kepada para sopir tidak perlu takut atau cemas. Karena ini semata-mata untuk keselamatan kita semua. Tapi yang lebih penting, ini dilakukan untuk memastikan kesehatan para sopir, sehingga dia bekerja dalam situasi aman saat bawa kendaraan mudik Lebaran," imbuhnya dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Politisi PAN ini juga meminta, agar mengecek kelaikan armada mudik di kota ini. Seluruh bus angkutan umum dan sejenisnya harus laik beroperasi. Dia mengharapkan, pengecekan tersebut tidak hanya dari fisik, melainkan kelengkapan surat-surat kendaraan. ***

Editor:
Muh Amin

wwwwww