PotretNews.com Rabu 12 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Es Lancang Kuning, Sajian Minuman Dingin Menyegarkan Asal Riau yang Bikin Lega Tenggorokan Ketika Berbuka Puasa

Es Lancang Kuning, Sajian Minuman Dingin Menyegarkan Asal Riau yang Bikin Lega Tenggorokan Ketika Berbuka Puasa

Es lancang kuning. (foto: tastemade)

Senin, 05 Juni 2017 14:51 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jika diperhatikan dengan seksama, nama minuman tradisional asal Riau cukup menarik perhatian. Mulai dari laksamana mengamuk hingga es air mata pengantin.Kini ada juga minuman segar yang harus dicoba yakni es lancang kuning. Suburnya tanah di Riau membuat banyak tanaman tumbuh subur, termasuk jenis mangga.

Ini yang membuat masyarakat banyak memanfaatkan mangga sebagai bahan baku minuman segar. Satu minuman khas yang menggunakan mangga sebagai bahan baku adalah es lancing kuning.

Berdasarkan laman okezone.com yang dilansir potretnews.com, es lancang kuning terbuat dari irisan daging mangga yang kemudian disiram dengan cairan jus mangga dan diberi es batu. Cukup sederhana tapi minuman ini banyak diburu sebagai pelega tenggorokan, terlebih saat waktunya berbuka puasa.

Ads
Kini es lancang kuning mengalami modifikasi sesuai perkembangan zaman, banyak orang yang menambahkan nata de coco sebagai pelengkap dalam es ini. Jika berkunjung ke kawasan Riau maka tak akan sulit menemukan penjual es ini karena minuman ini banyak dijajakan pedagang di sepanjang jalan raya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Riau, Umum
wwwwww