Home > Berita > Umum

Gunung Marapi di Sumbar Meletus

Gunung Marapi di Sumbar Meletus

Gunung Marapi di Sumatera Barat. (foto: wikimedia commons via kompas.com)

Minggu, 04 Juni 2017 15:37 WIB
BUKITTINGGI, POTRETNEWS.com- Gunung api Marapi meletus sebanyak dua kali, pada Ahad (4/6/2017). Letusan gunung yang berada di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat (Sumbar) itu mengeluarkan material debu vulkanik yang bertiup ke arah Timur. Letusan tercatat mulai terjadi pada 10.01.36 WIB.

"Letusan pertama mengeluarkan asap warna abu-abu tebal, tekanan lemah, dengan amplitudo enam milimeter dan lama gempa 35 detik," kata Petugas Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi Sumbar, Hartanto di Bukittinggi.

Ketinggian asap di letusan pertama diperkirakan mencapai 300 meter. Selanjutnya, letusan ke dua terjadi pada pukul 10.22.41 WIB mengeluarkan asap warna abu-abu tebal dengan ketinggian mencapai 700 meter.

"Letusan yang ke dua tampak lebih besar karena pengaruh hembusan angin dan bertiup ke arah Timur atau arah Kabupaten Tanah Datar," katanya dilansir potretnews.com dari kompas.com.

Letusan kedua tercatat gempa dengan lama 22 detik dan amplitudo empat milimeter dan tekanan lemah. Kemudian pada pukul 10.50.32 WIB terjadi hembusan dengan asap berwarna putih ketinggian 100 meter dan tidak ada seismik.

"Pukul 11.26 WIB aktivitas mulai kembali normal namun kami masih waspada memantau sesuai dengan status dari Gunung Marapi yaitu waspada," tambahnya.

Ia mengingatkan, warga tidak mendaki Gunung Marapi pada radius tiga kilometer dari kawah atau puncak. Hal itu mengingat kawah sebagai pusat letusan dan sumber keluarnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Umum, Peristiwa
wwwwww