PotretNews.com Sabtu 21 Juli 2018
Home > Berita > Umum

Inilah Menu Takjil di Rokan Hulu, Kue Buah Inai dengan Cita Rasa yang Legit dan Gurih

Inilah Menu Takjil di Rokan Hulu, Kue Buah Inai dengan Cita Rasa yang Legit dan Gurih

Ilustrasi.

Sabtu, 03 Juni 2017 17:45 WIB
PASIRPENGARAIAN, POTRETNEWS.com - Masing-masing daerah juga memiliki kue khas. Begitu juga dengan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau. Ada berbagai macam kue khas Rokan Hulu, satu di antaranya adalah kue buah inai.“Kalau sekarang orang menyebutnya dan lebih terkenal dengan nama kue putri mandi. Tapi nama aslinya kue buah inai,” sebut Ratna, warga Rokan Hulu yang membuat kue buah inai.

Mengapa disebut putri mandi? Karena bentuknya yang bulat-bulat lalu disiram dengan santan. Sementara nama aslinya kue buah inai karena berbentuk bulat-bulat macam buah inai. Ratna menjelaskan, membuat kue buah inai tak terlalu sulit.

Bahan-bahan yang digunakan hanya ketan pulut diaduk sehingga kalis dan bisa dibentuk, lalu masukkan potongan gula merah di dalamnya. Selanjutnya adonan tersebut dimasukkan ke dalam daun pisang yang dibentuk sampan.

Ads
Terakhir, adonan dalam daun pisang disiram santan yang sudah diaduk dengan tepung beras. ”Proses memasaknya dengan cara dikukus lebih kurang 15 menit,” sebutnya, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Rasanya kenyal ketika digigit dalam mulut manisnya keluar bercampur dengan rasa asin dari santannya yang sudah membeku. Cocok dijadikan cemilan, kue buah inai selalu hadir sebagai menu buka puasa saat Ramadan tiba. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

loading...
Kategori : Umum, Riau, Rohul
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww