PotretNews.com Sabtu 17 November 2018
Home > Berita > Riau

Insya Allah, September Mendatang potretnews.com Gelar Workshop Jurnalistik Sekaligus Tempati Kantor Baru

Insya Allah, September Mendatang <i>potretnews.com</i> Gelar Workshop Jurnalistik Sekaligus Tempati Kantor Baru

Ilustrasi/Workshop yang diselenggarakan potretnews.com pada 3 Desember 2016. (foto: dok)

Rabu, 31 Mei 2017 21:58 WIB
Muhammad Amin
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jika tak ada aral melintang, September mendatang Koran Online potretnews.com kembali menggelar Workshop bertema ”Jurnalis Siber Lokal, Aset Pers Nasional”.Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka hari jadi ke-11 potretnews.com mengundang pembicara antara lain Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo (Stanley), Bupati Siak Syamsuar, dan Bupati Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara Bakhtiar Ahmad Sibarani.

”Setelah sukses menyelenggarakan workshop pada 3 Desember 2016, insya Allah pada September tahun ini kita menggelar kegiatan serupa dalam upaya memberi pencerahan kepada wartawan potretnews dan secara umum menyosialisasikan beberapa regulasi pers kepada publik, khususnya para mitra pers,” kata Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab potretnews.com Mario Abdillah Khair SH, di Pekanbaru, Rabu (31/5/2017) petang.

Menurut dia, selain mengundang Ketua Dewan Pers dan dua bupati, workshop juga akan menampilkan seorang tokoh pers Provinsi Riau. Adapun pesertanya berasal dari internal (tim kerja potretnews.com), Dinas Kominfo se-Riau, bagian humas setda se-Riau, Humas DPRD se-Riau, humas perusahaan swasta, humas perguruan tinggi, dan perwakilan pers kampus yang totalnya mencapai 100 orang.

Ads
Masih dalam rangkaian hari jadi ke-11, dalam bulan yang sama, potretnews.com juga menjadwalkan pemakaian kantor baru di kawasan Tenayanraya Pekanbaru. Dipilihnya lokasi ini mengingat, ke depan, pusat pemerintahan Pekanbaru yang merupakan Ibu Kota Provinsi Riau berada di daerah ini.

Mario menyebut, peresmian kantor baru yang rencananya bersamaan dengan workshop itu, diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kepercayaan diri para pekerja koran online yang diterbitkan PT Potret Citra Media ini. Apalagi menurut pria yang pernah menjabat Sekretaris PWI Provinsi Riau Periode 2008-2012 tersebut, lebih dari separuh wartawan potretnews.com telah memegang sertifikat kompetensi dari Dewan Pers.

”Peresmian kantor baru itu, nantinya, sekaligus menegaskan bahwa potretnews.com adalah koran online atau media siber yang serius menjalankan praktik jurnalistik sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik, UU Pers, Peraturan Dewan Pers dan semua produk Dewan Pers, serta Pedoman Pemberitaan Media Siber,” papar pemegang sertifikat Ahli Dewan Pers ini.

Untuk diketahui, Koran Online potretnews.com sebenarnya didirikan pada 3 Juli 2006, namun mulai daring dengan sajian lengkap pada 7 Juli 2006.

Pada 3 Juli 2015, koran online yang dirintis oleh mantan Wakil Ketua PWI Riau & Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Riau Almarhum Saun Achmad Saragih (penerima Press Card Number One tahun 2011 dari Panitia Pusat Hari Pers Nasional [HPN] di Kupang, Nusa Tenggara Timur [NTT]), melakukan perubahan tampilan secara menyeluruh dari halaman beranda (home), headlines, profil, kolom tulisan, dan yang terutama adalah dashboard. Termasuk, mengganti logo dan tagline potretnews.com yang tadinya ”Potret Berita Nasional dari Riau” menjadi ”Memotret Semua Peristiwa”.

Koran online ini sejak tahun 2015 sudah terdaftar di Dewan Pers dan per 11 April 2016 telah berstatus TERVERIFIKASI ADMINISTRASI yang dimasukkan dalam website dewanpers.or.id, direktori Data Perusahaan Pers. ***

wwwwww