PotretNews.com Minggu 19 Agustus 2018

122 Napi Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru yang Kabur Terus Diburu

122 Napi Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru yang Kabur Terus Diburu

Ilustrasi/Infografis tahanan/napi Rutan Pekanbaru kabur. (sumber: detikcom).

Kamis, 18 Mei 2017 12:23 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebanyak 326 dari 448 narapidana di Rutan Pekanbaru yang melarikan diri, sudah kembali ke sel tahanan. Sisanya, masih dalam perburuan polisi. Aparat mengimbau agar 122 narapidana yang masih berkeliaran untuk segera menyerahkan diri."Sisanya yang 122 (narapidana, red) kami imbau untuk menyerahkan diri. Masyarakat yang melihat orang asing di sekitar mereka, atau mengetahui keberadaan napi yang kabur, hubungi kantor polisi terdekat," kata Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur, Kamis (18/5/2017), dilansir potretnews.com dari detikcom.

Perburuan para napi dipimpin langsung oleh Kapolres Pekanbaru Kombes Susanto. Pihaknya terus mengidentifikasi keberadaan para napi berbekal data dari pihak rutan dan data dari berkas perkara di penyidik.

"Kami kesulitan mendapatkan data dari tahanan, yang kami dapat informasi hanya nama dan kasus yang dialami. Kami akhirnya membuka file yang ditangani oleh penyidik-penyidik Polri. Kami dapat sudah data itu, sudah dikejar, dipimpin langsung Pak Kapolresta," ucap Guntur.

Ia menambahkan, tim pemburu optimis dapat mengembalikan para narapidana karena mayoritas napi merupakan warga Pekanbaru. "Untuk keluarga, kami juga sudah bersurat," ujar dia.

Ads
Kaburnya napi diduga terjadi karena masalah overkapasitas. Rutan Pekanbaru yang seharusnya hanya bisa menampung 561 penghuni, pada kenyataannya dihuni 1.870 orang narapidana. Sementara itu total pegawai di Rutan Pekanbaru hanya 54 orang. Untuk petugas keamanan hanya 30 orang yang dibagi 6 orang setiap regunya. ***

Editor:
Farid Mansyur

Tour de Siak 2018
wwwwww