PotretNews.com Selasa 23 Oktober 2018
Home > Berita > Siak

Wabup Siak H Alfedri Tutup MTQ XVI Tingkat Kecamatan Sungaiapit, Kampung Tanjungkuras Keluar sebagai Juara Umum

Wabup Siak H Alfedri Tutup MTQ XVI Tingkat Kecamatan Sungaiapit, Kampung Tanjungkuras Keluar sebagai Juara Umum

Wabup Siak H Alfedri memberikan piala pada perhelatan MTQ tinggat Kecamatan Sungaiapit. (foto: humas setdakab siak)

Rabu, 17 Mei 2017 16:53 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Wakil Bupati Siak Provinsi Riau H Alfedri secara resmi menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI tingkat Kecamatan Sungaiapit, Selasa (16/5/2017) malam. Penutupan itu ditandai dengan pemukulan kompang oleh Wabup yang didampingi unsur pimpinan kecamatan.Keluar sebagai juara umum MTQ yang digelar di Kampung Rawamekarjaya tersebut ialah Kampung Tanjungkuras, bahkan ini kali keempat kampung tersebut meraih juara.

Sementara, untuk juara umum kedua diraih oleh Kelurahan Sungaiapit, dan disusul Kampung Telukbatil sebagai juara umum ketiga. Keunggulan Kampung Tanjungkuras ini sejatinya, karena para qari/qariahnya mendominasi untuk cabang Kaligrafi Alquran pada setiap kategori. 

H Alfedri secara khusus juga mengapresiasi para qari & qariah Kecamatan Sungaiapit yang telah banyak berprestasi, terutama untuk cabang tilawah baik ditingkat kabupaten hingga ke tingkat provinsi.

Ads
Disamping itu, H Alfedri menyebut yang terpenting dari pelaksanaan MTQ ini adalah bagaimana mengimplementasikan alquran dalam setiap sendi kehidupan. Hal ini dapat diawali dengan melakukan tadarus atau membaca Alquran dan mengulanginya secara terus menerus. Sebagai contoh yang dilakukan dikalangan pengurus Kwarcab Siak.

Mengenai hal itu, dia juga berkisah terkait perjuangan generasi sebelumnya untuk mempelajari ilmu Alquran jauh lebih sulit dari pada generasi sekarang. "Dulu dengan segala keterbatasan teknologi, kadang hanya ada penerangan seperti pelita dan pergi mengaji harus membawa obor, akan tetapi semangat bersama kawan-kawan untuk belajar membaca Alquran itu tetap tinggi. Jadi sekarang semuanya sudah serba mudah seharusnya lebih baik dan lebih hebat lagi,"ungkapnya. 

Para pemenang MTQ ini, nantinya juga akan kembali menjalani TC dan seleksi sebelum diutus untuk mewakili Kecamatan Sungaiapit di MTQ Kabupaten Siak tahun 2017. ***

wwwwww