PotretNews.com Minggu 19 Agustus 2018

Kapolda Riau Pastikan Pekan Ini Ada yang Jadi Tersangka dalam Kasus Pungli Rutan Sialangbungkuk, 12 Pegawai Sudah Diperiksa

Kapolda Riau Pastikan Pekan Ini Ada yang Jadi Tersangka dalam Kasus Pungli Rutan Sialangbungkuk, 12 Pegawai Sudah Diperiksa

Rutan di Sialangbungkuk, Pekanbaru (foto: antara)

Selasa, 09 Mei 2017 11:46 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Kepolisian Daerah (Polda) Riau melalui Direktorat Reserse Kriminal Khususnya (Ditreskrimsus), sudah memeriksa 12 petugas Rutan Sialangbungkuk terkait indikasi Pungli (pungutan liar, red) yang terjadi terhadap tahanan, hingga memicu kaburnya 448 orang penghuninya, Jumat lalu.Ke-12 orang itu mulai dari petugas bawah (misalnya penjaga, red), hingga pegawai yang memiliki tanggung jawab atau yang berwewenang di Rutan Sialangbungkuk. Mereka dimintai keterangan pasca mencuatnya dugaan adanya praktik uang terhadap tahanan dan keluarga.

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus juga sudah mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi-saksi, untuk memperkuat indikasi dugaan Pungli ini, termasuk keterangan dari beberapa orang tahanan. Polda Riau pun optimis, dalam pekan ini bakal ada oknum yang berstatus tersangka.

"Ini masih dalam pemeriksaan, ada 12 orang. Kita lakukan penyelidikan terus, mengumpulkan eterangan saksi juga sudah. Jumat ini, Insya Allah sudah ada tersangka. Saya sudah koordinasi dengan Wadirkrimsus," kata Kapolda Riau Irjen Zulkarnain, Selasa (9/5/2017) pagi, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Ads
Irjen Zulkarnain yang ditemui usai Apel Operasi Patuh Siak di Mapolda Riau melanjutkan, pihaknya kini sedang mengumpulkan bukti-bukti kuat terkait pungli tersebut, diantaranya keterangan saksi dan bukti petunjuk lainnya. Ini diyakininya tidak akan begitu sulit.

"Katanya kan tahanan di sana pakai kartu untuk setiap transaksi/pembayaran, itu akan kita lacak ke bank-nya. Ini jadi bukti petunjuk juga yang sedang kita dalami. Kalau ada indikasinya, bisa saja nanti dilakukan penyitaan rekening, itu akan kita upayakan," imbuh mantan Kapolda Maluku Utara itu.

Hingga hari kelima ini, pengejaran terhadap tahanan yang melarikan diri masih dilakukan Polda Riau dan seluruh jajarannya. Sudah 304 orang tahanan dan narapidana berhasil diamankan dan menyerahkan diri, dan 144 lainnya masih diburu, dari total 448 tahanan yang kabur. ***

Editor:
Farid Mansyur

Tour de Siak 2018
wwwwww