Tiga Oknum Pegawai Rutan Sialangbungkuk Diduga Jadi ”Pemicu” Kerusuhan dan Sebabkan 448 Tahanan Melarikan Diri

Tiga Oknum Pegawai Rutan Sialangbungkuk Diduga Jadi ”Pemicu” Kerusuhan dan Sebabkan 448 Tahanan Melarikan Diri

Rutan Sialangbungkuk, Pekanbaru. (foto: internet)

Minggu, 07 Mei 2017 16:06 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.ciom - Tragedi luar biasa kaburnya 448 tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2B Pekanbaru di Jalan Sialangbungkuk Kelurahan Sialangrampai Kecamatan Tenayanraya Pekanbaru, Riau diduga disebabkan perlakuan tidak manusiawi oleh petugas rutan terhadap warga binaan. Informasi yang diperoleh sebagaimana ditulis dalam laman GoRiau.com yang dilansir potretnews.com, ada 3 oknum yang diduga kuat menjadi pemicu kemarahan penghuni. Mereka berinisial Fk, Wr dan Tm. Ketiganya melakukan tindakan berbeda-beda dan tidak manusia terhadap tahanan. Mulai dari pemukulan, pemerasan dan tindakan yang tidak menyenangkan lainnya.

Dari keterangan penghuni rutan (narapidana) bahwa akar permasalahan terjadi akibat penghuni rutan sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari petugas rutan yang berinisial Wr dan Tf.

Diduga beberapa orang termasuk tiga pegawai rutan tersebut sering melakukan pungli terhadap narapidana. Selain itu, narapidana tidak mendapatkan pelayanan yang baik dan terjadi penganiayaan terhadap narapidana dan banyak hal lainnya.

Kapolda Riau Irjen Zukarnain saat dikonfirmasi mengatakan, tim sedang menyelidiki adanya pungutan liar. Pihaknya terus bekerja maksimal dan berharap masalah ini segera bisa dituntaskan. ”Soal adanya oknum-oknum di dalamnya, nanti kita sampaikan. Kita masih bekerja,” tandasnya. ***

Editor:
Hanafi Adrian

wwwwww