PotretNews.com Rabu 22 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Menteri Yasonna Marah Besar dan Minta Polisi Pidanakan Petugas Pemeras di Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru: Mereka Harus Dikasih Pelajaran, Taruh di Sel Biar Tahu Rasa!

Menteri Yasonna Marah Besar dan Minta Polisi Pidanakan Petugas Pemeras di Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru: Mereka Harus Dikasih Pelajaran, Taruh di Sel Biar Tahu Rasa!

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly didampingi Gubernur Riau, Kapolda dan Kakanwil Kemenkumham Riau Ferdinand Siagian. (foto: goriau.com)

Minggu, 07 Mei 2017 13:29 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Yasonna Laoly melakukan komunikasi dengan tahanan dan narapidana yang menghuni Rutan Sialangbungkuk Kota Pekanbaru Riau, Ahad (7/6/2017) siang. Ia pun akhirnya tahu kalau oknum petugas di sana acap bersikap semena-mena.Mulai dari memeras hingga menempatkan tahanan di ruang sempit demi meraup pundi-pundi uang seakan ”halal” dilakukan oknum petugas di Rutan Sialangbungkuk. Yasonna Laoly berjanji tidak akan memberi ampun terhadap siapa pun yang terlibat. Ancaman pidana menunggu mereka.

"Yang memeras ini harus ditindak, saya mau mereka dikasih pelajaran, taruh di sel, biar tahu rasa. Saya sudah minta polisi mengusut itu, biar dipidanakan. Persoalan tersebut jangan sampai terulang lagi, ini betul-betul tidak manusiawi," tandas pria bernama lengkap Yasonna Hamonangan Laoly itu, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Menurut dia, persoalan yang membelit tahanan di Rutan Sialangbungkuk ini harus segera dituntaskan. Langkah awal, dengan menonaktifkan kepala rutan dan sejumlah petugas lainnya, dan itu siakui Yasonna telah dilakukan. Lalu soal buruknya birokrasi di rutan turut jadi perhatian serius.

Ads
"Untuk kalapas lainnya di Indonesia, perhatikan kondisi di rutan, periksa petugasnya seperti apa, jangan sampai ada meras seperti ini. Bagi yang baru (Kepala Rutan Sialangbungkuk, red), sudah kita instruksikan agar segera menyusun langkah perbaikan secara keseluruhan," tegasnya dalam jumpa pers.

Yasonna datang ke rutan didampingi oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Kapolda Riau Irjen Zulkarnain, Danrem 031/Wirabima, Kakanwil Kemenkumham Riau dan jajaran Forkopimda. Cukup lama menteri ini berada di dalam, hampir dua jam. Dia juga sempat melihat kondsi rutan pascaterjadinya aksi pengrusakan oleh tahanan, Jumat lalu.

Yasonna Laoly sengaja terbang ke Pekanbaru untuk mengetahui persis seperti apa kejadian di Rutan Sialangbungkuk, hingga membuat ratusan tahanan melarikan diri. Ia juga tidak menampik terkait adanya pungutan liar (pungli) oleh oknum petugas rutan. Dirinya meminta polisi melakukan penyelidikan mendalam. ***

Editor:
Farid Mansyur

Tour de Siak 2018
wwwwww