PotretNews.com Rabu 22 Agustus 2018

Hari Ketiga, Pengejaran Tahanan Rutan Sialangbungkuk yang Kabur Diintensifkan

Hari Ketiga, Pengejaran Tahanan Rutan Sialangbungkuk yang Kabur Diintensifkan

Batu-batu berserakan pascakerusuhan dan kaburnya 448 tahanan Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru.

Minggu, 07 Mei 2017 09:21 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hari ketiga pascakericuhan hingga kaburnya 448 orang tahanan Rutan Sialangbungkuk Kota Pekanbaru, aparat kepolisian di Provinsi Riau masih melakukan pengejaran secara besar-besaran dengan melibatkan seluruh jajaran.Tercatat sampai pagi ini, sudah 242 tahanan kabur yang berhasil ditangkap kembali. Artinya masih ada 200 orang pelaku kejahatan lainnya yang berkeliaran di tengah-tengah masyarakat. (Data versi kepolisian: tahanan kabur total 442, data Kemenkumham: 448, red).

Setelah diamankan, para tahanan itu langsung didata dan dievakuasi ke Lapas lainnya yang tersebar di Provinsi Riau. Mereka harus dipisahkan dari tahanan yang tidak melarikan diri. Proses evakuasi itu sudah dilakukan sejak Jumat, pasca kejadian tersebut.

Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Dodi Vivino seperti diberitakan GoRiau.com yang dilansir potretnews.com mengatakan, sudah 186 orang tahanan (yang ditangkap, red) dievakuasi sampai Sabtu malam tadi. Evakuasi menggunakan mobil tahanan, hingga truk operasional kepolisian. Proses evakuasi itu mendapat pengawalan ketat, termasuk melibatkan TNI.

Ads
Dari 186 tahanan itu, 54 orang di antaranya dipindahkan ke Lapas Klas II A Pekanbaru, 25 orang ke Lapas Bangkinang, 25 lainnya ke Lapas Terbuka Rumbai, 39 tahanan ke lapas anak, 11 orang lagi ke Lapas Rohul, 17 tahanan ke Lapas Rengat dan 15 lainnya ke Lapas Tembilahan. (Masih dapat berubah, red)

Hingga saat ini, aparat kepolisian masih disebar keseluruh penjuru Provinsi Riau guna mengejar sisa tahanan yang belum tertangkap. Ini akan terus berjalan sampai semuanya berhasil diamankan kembali. Polisi juga mengultimatum, bakal mengambil tindakan tegas, jika tidak segera menyerahkan diri.

Pantauan di Rutan Sialangbungkuk, Minggu (7/5/2017) pagi, tampak sejumlah keluarga tahanan berkumpul di halaman, dengan tujuan ingin bertemu dan membesuk tahanan. Ratusan polisi dan TNI bersenjata lengkap juga masih disiagakan. ***

Editor:
Farid Mansyur

Tour de Siak 2018
wwwwww