PotretNews.com Selasa 11 Desember 2018
Home > Berita > Riau

Warga Riau Waspadalah, Masih Ada 235 Tahanan Kabur dari Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru yang Belum Tertangkap

Warga Riau Waspadalah, Masih Ada 235 Tahanan Kabur dari Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru yang Belum Tertangkap

Tahanan yang sempat kabur dan akhirnya diamankan aparat (foto: goriau.com)

Sabtu, 06 Mei 2017 17:03 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Setelah simpang siur dengan jumlah tahanan yang berhasil kabur dari rumah tahanan (rutan) Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau akhirnya Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmianta Dusak menjelaskan total tahanan yang kabur 448 orang.Dari jumlah itu baru 235 orang yang berhasil ditangkap dan dikembalikan ke rutan. Karena itu warga tetap harus waspada hingga proses penangkapan napi yang kabur berhasil seluruhnya.

Sesuai dengan imbauan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, aparat berwajib terus bekerja menangkap ratusan narapidana (napi) yang kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Sialangbungkuk, Kecamatan Tenayanraya, Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5/2017) siang kemarin.

Peristiwa ini membuat masyarakat resah, sebab beberapa tahanan yang kabur dikabarkan mencoba merampas kendaraan penduduk dan menyandera anak-anak.

Ads
"Kita sedang berkoordinasi dengan Kanwil Kemenkumham dan aparat terkait untuk memantau situasi di sana. Kita berharap dengan koordinasi bisa mengatasi masalah," kata Andi Rachman, Jumat sore.

Sebelumnya diberitakan, sekitar 200 napi itu berhasil kabur saat salah satu blok yang berisi 100 tahanan terlibat bentrok sesama napi sekira pukul 12.45 WIB, Jumat siang tadi. Namun sebagian lagi ada yang menyampaikan jumlahnya mencapai 300 orang.

Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmianta Dusak mengatakan, ada 448 orang tahanan yang berhasil kabur pasca kericuhan di Rutan Sialangbungkuk, Kota Pekanbaru pada Jumat siang kemarin.

Itu diungkapkan I Wayan Kusmianta Dusak, saat menggelar jumpa pers di Rutan Sialangbungkuk, Sabtu (6/5/2017) sore. Dari jumlah tersebut, 213 orang di antaranya sudah berhasil diamankan. Artinya, masih ada 234 tahanan yang berkeliaran di luar (belum ditangkap, red).

"Total keseluruhan tahanan dan narapidana di sini (Rutan Sialangbungkuk) berjumlah 1.870 orang. Yang melarikan diri saat kejadian sebanyak 448 orang, di mana 213 sudah ditangkap dan 235 masih belum," terangnya didampingi Kakanwil Kemenkumham Riau Ferdinand Siagian dan Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto.

I Wayan memastikan, kondisi rutan saat sekarang sudah kondusif dan terkendali. Proses pemindahan tahanan dilakukan berlanjut sampai sekarang. Dia mengatakan, penyebab kericuhan hingga berbuntut kaburnya ratusan tahanan dipicu beberapa penyebab.

Salah satunya, lantaran rutan sudah dalam kondisi over kapasitas. "Ada mismanajemen juga, narapidana yang harusnya sudah dipindahkan tapi belum dilakukan. Untuk dugaan adanya pungutan liar (pungli, red) masih kita dalami," paparnya dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Sampai sore ini, sejumlah keluarga tahanan masih memadati halaman Rutan Sialangbungkuk. Mereka datang untuk mengetahui kepastian pascakasus kaburnya ratusan tahanan dan narapidana tersebut. Tampak ratusan polisi dan TNI berjaga-jaga. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww