Sebanyak 171 Tahanan Kabur Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru Sudah Tertangkap

Sebanyak 171 Tahanan Kabur Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru Sudah Tertangkap

Aparat keamanan bersiaga penuh di Rutan Sialangbungkuk.

Sabtu, 06 Mei 2017 00:36 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Hingga jelang tengah malam ini, pihak kepolisian masih belum dapat memastikan jumlah pasti tahanan yang kabur dari Rumah Tahanan Kelas IIB Sialangbungkuk, Pekanbaru, Riau. Namun, total 171 orang telah ditangkap kembali, di antaranya 169 orang di daerah Pekanbaru, dan 2 orang di daerah Kecamatan Seikijang Kabupaten Pelalawan.

Ungkapan itu disampaikan Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto, pada Jumat (5/5/2017) malam, dilansir potretnews.com dari cnnindonesia.com.

Rikwanto memaparkan hingga saat ini, pihak rutan sedang mendata untuk memastikan jumlah riil tahanan yang kabur. Namun, diperkirakan berjumlah kurang lebih 200 orang napi yang melarikan diri berdasarkan info dari Kepala Rutan Teguh.

Terkait kerusuhan ini, pihak kepolisian melakukan penjagaan ketat dengan menurunkan pasukan pengamanan rutan yang terdari dari 1 SSK Anggota Polresta Pekanbaru, 2 SSK Anggota Brimobda Riau, 1 SSK Anggota TNI, dan 2 pleton Anggota Sabhara Polda Riau.

"Situasi sampai saat ini masih dapat dikendalikan, mediasi masih berlangsung agar napi kembali ke masing-masing blok, blok B dan blok C," ujar Rikwanto.

Sebelumnya, dikabarkan ada sekira 200 lebih tahanan yang kabur saat kerusuhan terjadi di rumah tahanan pada Jumat siang. Rutan di Sialangbungkuk itu berisi 1.870 orang, yang dianggap melebihi kapasitas yang hanya 561 orang.

Kelebihan kapasitas ini menjadi satu di antara pemicu kaburnya para tahanan, di samping keterbatasan air, makanan, kondisi kamar, hingga perlakuan pihak keamanan rutan yang dianggap berlebihan. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww