PotretNews.com Sabtu 15 Desember 2018

Buntut Kerusuhan dan Kaburnya 448 Tahanan, Kepala Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru Dicopot

Buntut Kerusuhan dan Kaburnya 448 Tahanan, Kepala Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru Dicopot

Aparat kepolisian mengawal proses evakuasi tahanan di Rutan Sialang Bungkuk, Sabtu (6/5/2017) sore. (foto: goriau.com)

Sabtu, 06 Mei 2017 17:21 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Keputusan tegas diambil pascaterjadinya kericuhan hingga berbuntut dengan kaburnya 448 orang tahanan di Rutan Sialangbungkuk, Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada Jumat (5/5/2017) sore kemarin. Imbasnya, jabatan kepala rutan pun dicopot.Ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmianta Dusak, Sabtu (6/5/2017) sore. Maka untuk sementara ini, jabatan Kepala Rutan Sialangbungkuk yang ditempati Teguh Trihatmanto diganti.

Selanjutnya, posisi Kepala Rutan Sialangbungkuk akan diisi pejabat lain dalam statusnya sebagai plh (pelaksana harian, red). Terkait siapa nanti yang ditunjuk untuk menggantikan Teguh, I Wayan belum mengeluarkan atau merilis namanya.

"Kepala Rutan Sialangbungkuk Insya Allah diganti, perintahnya begitu, hari ini sudah dibuat siapa plh-nya. Petugas juga sudah kita ganti," tandas I Wayan dilansir potretnews.com dari GoRiau.com. Ia juga memastikan, kondisi Rutan sekarang ini sudah kondusif dan terkendali.

Ads
Selain itu, pihaknya juga akan memeriksa sejumlah petugas, yang diduga bersikap tidak semestinya. Ini juga salah satu keluhan para tahanan. "Mereka minta petugas itu dipindahkan karena dianggap terlalu ekstrem, kalau saya inginnya diperiksa, kalau mereka punya kesalahan harus ada sanksi," tegasnya.

I Wayan juga memastikan, tidak ada korban jiwa terkait kericuhan dan kaburnya 448 tahanan Rutan. "Tidak ada korban, itu yang penting. Hanya ada beberapa kerusakan di dalam, namun tidak begitu signifikan. Memang ada yang dibakar, seperti seperti ban dari pot dan kantin," ujar dia.

"Perbaikan sudah kita lakukan, seperti adanya engsel pintu yang dirusak dan kantin di dalam," pungkas I Wayan didampingi Kakanwil Kemenkumham Riau Ferdinand Siagian dan Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww