PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

212 Tahanan yang Kabur Berhasil Diamankan dalam 1x24 Jam

212 Tahanan yang Kabur Berhasil Diamankan dalam 1x24 Jam

Kondisi Rutan Sialangbungkuk Kota Pekanbaru Sabtu siang pascakaburnya ratusan tahanan, kemarin. (foto: goriau.com)

Sabtu, 06 Mei 2017 13:12 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hingga Sabtu (6/5/2017) siang ini, kepolisian dan TNI dibantu masyarakat sudah berhasil mengamankan sekira 212 tahanan yang sebelumnya sempat melarikan diri dari Rutan Sialangbungkuk, Kota Pekanbaru Provinsi Riau.Informasi itu disampaikan Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo di Rutan Sialangbungkuk, Sabtu (6/5/2017) siang. Pihaknya juga mengapresiasi bantuan masyarakat yang turut mengamankan para tahanan kabur itu.

Hasil koordinasi kepolisian dengan pihak Rutan Sialangbungkuk, para tahanan di sini akan dievakuasi ke lapas (lembaga pemasyarakatan, red). Sebagian sudah dilakukan secara maraton sejak kemarin. "Sudah dipindahkan, untuk jumlahnya belum dapat kita pastikan," kata dia, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Hingga siang ini, sambung Guntur, kondisi Rutan Sialangbungkuk sudah kondusif. Pagi tadi juga telah dilakukan pertemuan antara pihak rutan dan tahanan, yang dihadiri oleh dirjen dari Kemenkumham, Direktur Kamtib Pekanbaru, kakanwil serta pejabat utama Polda Riau, kapolresta dan dandim.

Ads
Pertemuan itu membahas soal tuntutan para tahanan dan narapidana, yang diduga jadi akar masalah hingga berbuntut pada kericuhan hinga kaburnya ratusan orang dari sana. "Sudah kondusif, namun petugas kita masih di-standby kan di sini sampai ada instruksi berikutnya," Guntur menjelaskan.

Dalam waktu 1X24 jam, kepolisian dan TNI berhasil mengamankan kembali para tahanan yang melarikan diri. Walau demikian, Polda Riau dan jajaran polres hingga polsek-polsek masih mengoptimalkan pengejaran terhadap tahanan lainya. Ini dilakukan dengan cara menggelar razia di jalan-jalan.

"Masih kita optimalkan sampai hari ini, dengan pengejaran dan penangkapan terhadap tahanan dan narapidana yang belum tertangkap. Kita imbau masyarakat agar tidak khawatir namun tetap waspada. Minimal keberadaan orang asing di lingkungan sekitar," imbuhnya.

Pantauan di Rutan Sialangbungkuk Sabtu siang, tampak petugas sudah mulai melakukan bersih-bersih di halaman, pascakericuhan terjadi Jumat siang kemarin. Di luar pagar terlihat keluarga narapidana dan tahanan menunggu. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Tour de Siak 2018
wwwwww