PotretNews.com Jum'at 14 Desember 2018

Begini Kronologi Kaburnya Tahanan dari Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru Versi Dirjen PAS

Begini Kronologi Kaburnya Tahanan dari Rutan Sialangbungkuk Pekanbaru Versi Dirjen PAS

Personel brimob melakukan pengamanan di gerbang sisi kanan rutan. Gerbang ini menjadi akses keluar tahanan yang berusaha kabur, Jumat (5/5/2017). Kerusuhan terjadi di Rutan Sialangbungkuk, Pekanbaru. Sejumlah tahanan kabur. (foto: tribunnews.com)

Jum'at, 05 Mei 2017 16:17 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan Sialangbungkuk, Kecamatan Tenayanraya, Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5/2017) siang.Menurut Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) I Wayan Dusak, lebih dari 100 tahanan melarikan diri dalam peristiwa itu.

"Tidak sebanyak info yang beredar, diperkirakan lebih dari 100 tahanan," ujar Wayan, Jumat (5/5/2017), dilansir potretnews.com dari kompas.com.

Menurut Wayan, peristiwa tersebut terjadi sebelum para tahanan yang beragama Muslim akan melaksanakan Salat Jumat. Menjelang waktu salat, petugas rutan membuka masing-masing kamar tahanan. Para tahanan dipersilakan untuk menunaikan ibadah. Namun, ratusan tahanan justru menyerang petugas rutan yang hanya berjumlah lima orang.

Ads
Menurut Wayan, para tahanan berusaha menjebol penjagaan di pintu utama rutan, namun gagal. Para tahanan akhirnya dapat melarikan diri melalui pintu samping rutan. "Sebagian ditangkap oleh petugas dan dibantu masyarakat," kata Wayan.

Menurut Wayan, hingga saat ini petugas Rutan bersama Kepolisian di Pekanbaru telah melakukan upaya pendataan dan pencarian terhadap para tahanan yang melarikan diri. ***

Editor:
Hanafi Adrian

wwwwww