PotretNews.com Rabu 19 Desember 2018

Puluhan Massa Antikorupsi Unjuk Rassa di Kejati dan Polda Riau

Puluhan Massa Antikorupsi Unjuk Rassa di Kejati dan Polda Riau

Puluhan massa menggelar unjuk rasa di Kejati Riau, Kamis siang (foto: goriau.com)

Kamis, 27 April 2017 14:36 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Puluhan massa yang mengaku dari Forum Pelajar Mahasiswa Pemuda Riau Antikorupsi menggelar aksi unjuk rasa di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Riau dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Kamis (27/4/2017) siang.Aksi massa ini meminta pihak berwajib untuk mengusut kasus dugaan korupsi dan pungutan liar (pungli) yang diduga melibatkan kerabat elite Riau.

Dalam orasinya, koordinator massa, Broery mengatakan, kasus korupsi yang terjadi di Riau sudah sangat kronis. Bahkan, sudah tiga kali berturut-turut orang nomor satu di Riau terjerat kasus korupsi.

"Dari kasus korupsi ini kemudian berkembang dengan maraknya tindakan pungli yang diduga dilakukan oleh oknum-oknum yang memiliki kedekatan dengan kepala daerah untuk memperkaya diri sendiri dan kelompoknya," kata Broery dalam orasinya.

"Pungli itu dilakukan dengan bermain proyek-proyek yang menggunakan APBD Riau. Dengan adanya praktik monopoli proyek APBD dan pungli," sambungnya saat menggelar aksi di Kejati Riau, Rabu siang.

Dalam orasinya itu pula, Broery menyebutkan nama lainnya yang diduga terlibat korupsi dan pungli tersebut, yang diduga melakukan pungli terhadap perusahaan pemenang tender sebesar 13 persen.

Pantauan media di lapangan, dalam aksi ini, arus lalu lintas di jalan Sudirman tepatnya depan Kejati Riau menjadi tersendat, karena sebagian jalur diduduki puluhan massa mahasiswa.

Setelah bertemu dengan perwakilan dari Kejati Riau dan menyerahkan sejumlah berkas yang diakui menjadi data-data dan fakta korupsi serta pungli tersebut. Puluhan massa kemudian membubarkan diri secara tertib. ***

Editor:
Hanafi Adrian

wwwwww