PotretNews.com Senin 20 Agustus 2018

Sudah 2,5 Jam Berlalu, Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Wakil Gubernur Riau Belum Juga Dimulai

Sudah 2,5 Jam Berlalu, Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Wakil Gubernur Riau Belum Juga Dimulai

Suasana Pemilihan Wagubri di Sidang Paripurna DPRD Riau.

Selasa, 25 April 2017 15:37 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hasil perhitungan suara Pemilihan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) antara Ruspan Aman dan Wan Thamrin Hasyim dinyatakan imbang. Mereka sama-sama mencetak poin sebanyak 31 suara. Akibatnya, panitia pemilihan wagub akan melakukan pemungutan suara ulang.Sesuai tatib, pemungutan ulang harus dilakukan maksimal dua jam setelah pembacaan hasil pemungutan suara pertama. Pembacaan hasil pemungutan suara putaran pertama itu pun diakhiri pada pukul 12.53 WIB, Selasa (25/4/2017) siang.

Berdasarkan laman GoRiau.com yang dilansir potretnews.com, hingga jarum jam menunjukkan pukul 15.19 WIB atau 2 jam lewat 24 menit, para anggota dewan dan pimpinan sidang belum ada satu pun yang memasuki ruang rapat paripurna di Gedung DPRD Provinsi Riau itu.

Padahal kesepakatan awalnya, pemungutan suara putaran kedua akan dilakukan secepatnya sekira pukul 14.30 WIB. Beredar kabar, bahwa anggota dewan memang sengaja untuk mengulur-ulur waktu karena sebagian dari mereka sempat mengusulkan untuk melakukan pemungutan ulang di lain hari.

Ads
Sedangkan, beberapa di antaranya tetap komit untuk menuntaskan rapat paripurna pemilihan Wagubri hari ini juga sesuai tatib.

Sekadar pengingat, kali pertama surat suara dibuka dan dibacakan Ade Hartati, nama Wan Thamrin Hasyim memang terturut-turut paling awal melaju disusul Ruspan Aman yang terus mengejarnya.

Hingga tiba akhir perhitungan diketahui bahwa Wan Thamrin Hasyim berhasil mengumpulkan 31 suara, begitu juga dengan Ruspan Aman sebanyak 31 suara. Hasil perhitungan tersebut didapat dari 62 hak suara anggota dewan yang hadir dalam pemilihan.

"Harus dilakukan pemungutan suara ulang paling lambat dua jam," kata Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, Selasa (25/4/2017) siang di ruang rapat paripurna DPRD Riau.

Situasi yang awalnya menegangkan itu pun semakin memanas diwarnai teriakan histeris para pendukung masing-masing Cawagubri. Dalam pemilihan ini, Ruspan Aman bernomor urut 1 (satu) dan Wan Thamrin bernomor urut 2 (dua). ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Tour de Siak 2018
wwwwww