PotretNews.com Senin 24 September 2018
Home > Berita > Riau

OJK Riau Pilih Umri Tempat Peluncuran Galeri Investasi Mobile, Ini Manfaatnya

Jum'at, 31 Maret 2017 22:17 WIB
Muhamad Maulana
ojk-riau-pilih-umri-tempat-peluncuran-galeri-investasi-mobile-ini-manfaatnyaRektor Umri Dr H Mubarak MSi (kiri) menerima cenderamata dari Komisioner OJK Kusumaningtuti S Soetiono. (foto: humas umri).
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Provinsi Riau terus berupaya untuk meningkatkan literasi keuangan dan akses terhadap produk serta layanan jasa keuangan di pasar modal.

Kali ini dengan menggandeng PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Indo Premier Securities, OJK meluncurkan Galeri Investasi Mobile (GIM) di berbagai universitas. Salah satu kampus yang dipilih untuk menjadi tempat peluncuran GIM yaitu Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).

"OJK berinisiatif mendorong BEI dan perusahaan sekuritas untuk merevitalisasi fungsi galeri investasi yang telah ada agar manfaatnya tidak dirasakan hanya oleh civitas akademika tetapi juga oleh masyarakat sekitar kampus," kata Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono saat peluncuran GIM di Umri, Jumat (31/3/2017).

Dalam peluncuran GIM yang dilanjutkan dengan seminar tentang pasar modal itu, Kusumaningtuti pun menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong minat masyarakat dalam memanfaatkan produk investasi di pasar modal.

Menurut dia, peluncuran GIM merupakan upaya nyata dalam merevitalisasi fungsi galeri investasi di berbagai universitas yang sudah ada selama ini dengan harapan dapat lebih proaktif dalam menjangkau masyarakat di sekitar kampus. Terutama untuk menjaring investor potensial.

"Saat ini tingkat literasi keuangan di pasar modal masih relatif rendah yaitu sebesar 4,40%, dengan tingkat inklusi keuangan sebesar 1,25%," urainya.

Sehingga, kondisi rendahnya tingkat literasi dan inklusi keuangan di sektor pasar modal tersebut menyebabkan minat masyarakat dalam memanfaatkan produk keuangan di pasar modal sebagai salah satu instrumem investasi juga relatif lebih rendah dibandingkan industri jasa keuangan lainnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, di antaranya Anggota Komisi XI DPR RI Jon Erizal. Dia sangat mengapresiasi program-program bermanfaat bagi masyarakat yang terus diluncurkan OJK tersebut.

"Saya selaku wakil rakyat akan terus memantau dan mengawasi aktivitas kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh mitra seperti OJK, Bank Indonesia dan mitra lainnya sehingga kebijakan-kebijakannya akan terus bisa menyentuh masyarakat, " ujarnya. ***
Ads
Tour de Siak 2018
wwwwww