PotretNews.com Selasa 25 September 2018
Home > Berita > Riau

Tingkatkan Literasi, OJK Jalin Kerja Sama dengan Umri

Jum'at, 24 Maret 2017 23:16 WIB
Muhamad Maulana
tingkatkan-literasi-ojk-jalin-kerja-sama-dengan-umriIlustrasi/Kampus I Umri di Jalan KH Ahmad Dahlan Pekanbaru.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Riau lakukan MoU dengan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Jumat (24/3/2017). MoU ini dilakukan oleh lembaga pengawas industri keuangan tersebut dalam rangka peningkatan literasi dan edukasi.

Umri jadi perguruan tinggi keempat di Riau yang diajak bekerja sama oleh OJK Riau dalam rangka peningkatan literasi keuangan.

Kepala OJK Perwakilan Riau M Nurdin Subandi menjelaskan kerja sama tersebut dijalin bersama perguruan tinggi tersebut dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan ditengah masyarakat.

Kerja sama ini dilakukan dalam hal pertukaran informasi, penelitian dan pengabdian masyarakat. "Kami harap pihak perguruan tinggi melalui proses pendidikan dan pengajaran bisa menjadi corong penyalur informasi dari industri keuangan," katanya.

Disampaikan dari kerja sama ini kegiatan kuliah kerja nyata (kukerta) dan praktik kerja lapangan (PKL) yang dilakukan kampus disinergikan dengan program literasi OJK. Dari kesepakatan ini OJK, bermaksud mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel di masyarakat.

Selain itu dari cara ini lembaga tersebut berupaya mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil serta melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.
"Dalam rangka menjalankan tanggung jawabnya, dari kerja sama ini OJK mengupayakan tindakan pencegahan kerugian konsumen dan masyarakat dalam hal perlindungan konsumen dan masyarakat pada praktik industri keuangan," katanya.

Saat ini OJK tengah berupaya keras menghapuskan praktik investasi bodong yang marak terjadi. Melalui kerja sama ini diharapkan informasi tentang investasi ilegal ini dapat diinformasikan ke masyarakat.

"Kerja sama dengan berbagai pihak menjadi salah satu cara pencegahan masyarakat atau konsumen dari terjebak praktik investasi ilegal tersebut," tuturnya.

Rektor Umri Dr Mubarak MSi berharap dari kerja sama ini akademisi dan para mahasiswa akan banyak dilibatkan dan kegiatan edukasi dunia industri keuangan. Dengan kerja sama ini kita tentunya mengharapkan adanya berbagi ilmu antarinstansi.

"Kita berharap dari kerja sama ini Umri bisa banyak berperan dalam pengembangan industri keuangan di Riau," ujarnya. ***
Ads
Tour de Siak 2018
wwwwww