PotretNews.com Jum'at 14 Desember 2018

Gawat! Diduga Ada yang Sengaja Membakar Lahan Hutan Riau

Gawat! Diduga Ada yang Sengaja Membakar Lahan Hutan Riau

Ilustrasi.

Minggu, 12 Maret 2017 13:29 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sekira 20 hektar lahan terbakar di Parit Nilam Dusun Dua, Desa Pulau Muda Kecamatan Telukmeranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau."Ini lahan kosong milik Pemerintah Desa Pulau Muda. Indentitas tersangka pembakar lahan masih proses penyelidikan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Minggu (12/3/2017), dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Kebakaran sejak Sabtu 11 Maret 2017 itu sudah dilakukan upaya pemadaman oleh masing-masing dua personel Polri dan TNI, 10 orang Masyarakat Peduli Api, dan 10 Regu Pemadam Kebakaran Perusahaan Kehutanan PT Arara Abadi.

Kebakaran diketahui Bhabinkamtibmas Desa Pulau Muda Aiptu Samosir melaksanakan patroli kebakaran lahan dan hutan bersama team RPK PT. Arara Abadi. Tim mengecek melalui pesawat drone dan melihat lahan yang terbakar di Parit Nilam Dusun Dua Desa Pulau Muda. "Selanjutnya Bhabinkamtibmas berkoordinasi dengan RPK PT. Arara Abadi dan MPA untuk melakukan upaya pemadaman," kata Guntur.

Ads
Kemudian tim gabungan melakukan upaya pemadaman di lokasi karlahut dengan menggunakan mini stracker sebanyak tiga unit. Sebagian Lokasi kebakaran sudah padam terkena hujan, Namun masih ada sebagian api yg menyala. "Upaya memadamkan api terkendala cuaca buruk dan dilaksanakan lagi pagi ini. Pemadaman masih dilakukan, perkembangan situasi akan dilaporkan nanti," ujar Kabid Humas.

Sebelumnya Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru pada Sabtu 11 Maret 2017 melaporkan ada dua titik panas di Riau, satu di Pelalawan. Namun pagi ini laporan terakhir menyatakan titik panas di Riau sudah nihil. ***

Editor:
Farid Mansyur

wwwwww