PotretNews.com Rabu 22 Agustus 2018

Besok, Komunitas Ini Telusuri Jejak Kota Pekanbaru Tempo Doeloe

Besok, Komunitas Ini Telusuri Jejak Kota Pekanbaru <i>Tempo Doeloe</i>

Pekerja melakukan perbaikan dengan membangun pagar terhadap kawasan Cagar Budaya Rumah Singgah Tuan Kadi di Jalan Perdagangan Pekanbaru, Kamis (20/8/2015). (foto: tribunpekanbaru.com)

Sabtu, 11 Maret 2017 10:19 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Setelah melakukan perjalanan bertajuk Ekspedisi Sungai Subayang akhir Februari lalu, Exploring Riau Community (ERC) kembali melakukan kegiatan.Rencananya, kegiatan selanjutnya akan digelar di Kota Pekanbaru dan diberi tajuk Pekanbaru Heritage Walk dengan tujuh lokasi bersejarah di Kota Pekanbaru yang akan dikunjungi sambil berjalan kaki pada Minggu (12/3/2017).

Menurut Ketua ERC Rudi Fajar seperti ditulis dalam laman tribunpekanbaru.com, Kamis (10/3/2017) yang dilansir potretnews.com, kegiatan akan dilaksanakan pada Minggu pagi. Situs Rumah Singgah Tuan Kadi akan dijadikan titik kumpul seluruh peserta.

"Jadi, ada tujuh tujuan yang akan kita kunjungi dalam perjalanan pada Minggu (12/3/2017) nanti. Di antaranya adalah, terminal pertama Kota Pekanbaru, Rumah Singgah Tuan Kadi, Kain Tenun Kampung Bandar, Rumah Tua 1890, Istana Hinggap, Makam Marhum Bukit dan Pelabuhan serta titik nol Pekanbaru," kata Rudi.

Ads
"Seluruhnya, kebetulan ada di wilayah Kecamatan Senapelan dan tujuh lokasi tersebut sangat terjangkau masing-masing jaraknya dengan berjalan kaki," imbuhnya. Rudi menerangkan, tujuan dilaksanakannya agenda itu adalah untuk mengajak seluruh peserta agar lebih mengenal seluk beluk kota tua di Kota Pekanbaru.

"Exploring Riau Community tak hanya melakukan jalan-jalan biasa. Tapi juga berinteraksi dengan masyarakat tempatan. Mulai dari bersentuhan secara sosial, ekonomi, budaya dan banyak hal lainnya," jelasnya.

Menurutnya, dengan cara demikianlah komunitasnya tersebut bisa mendorong pemerintah agar lebih tanggap untuk memperhatikan pariwisata dan kebudayaan di wilayah Riau.

"Seharusnya, pemerintah yang berdiri di depan. Namun, kami sebagai komunitas bersedia membantu untuk memancing masyarakat agar turut serta memperhatikan sektor budaya dan pariwisata di Riau," tandasnya. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Tour de Siak 2018
wwwwww